Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

7 Negara Amerika Selatan Tandatangani Pakta Perlindungan Hutan Amazon

1 min read

7 Negara Amerika Selatan Tandatangani Pakta Perlindungan Hutan Amazon

Pandita.ID – Di tengah kekhawatiran global atas kebakaran parah yang menimpa hutan Amazon, tujuh pemimpin negara Amerika Selatan telah meresmikan pakta untuk melindungi lembah sungai Amazon melalui pembangunan jaringan respons bencana dan pemantauan satelit.

Presiden Kolombia, Bolivia, Ekuador, Peru dan wakil presiden Suriname serta Menteri Sumber Daya Alam Guyana menghadiri KTT sehari di Kota Leticia, Kolombia selatan. Adapun Menteri Luar Negeri Brazil Ernesto Araujo hadir mewakili Presiden Brazil Jair Bolsonaro, yang berpartisipasi melalui tautan video.

Hanya dua negara Amazon lainnya yang alpha pada hari Jumat (6/9/2019), yakni Venezuela dan Prancis (Guyana Prancis).

Selain dimaksudkan untuk meningkatkan koordinasi respons bencana dan pemantauan satelit, pakta ke-14 yang mereka tandatangani itu termasuk atas permintaan Brasil mengenai penegasan kembali hak kedaulatan negara-negara di wilayah Amazon pada wilayah dan sumber daya alam mereka.

Presiden Brasil yang tidak hadir secara langsung tetapi berbicara melalui tautan video mengatakan: “Kekayaan kita akan digunakan secara berkelanjutan, sesuai dengan sumber daya yang kita miliki.”

Bolsonaro telah berulang kali menyatakan dukungan untuk penambangan di cagar alam dan kawasan lindung dan telah menghadapi kecaman internasional, khususnya dari Perancis.

Sekitar 60% dari Amazon ada di Brasil dan Bolsonaro dituduh membiarkan petani memotong dan membakar lebih banyak hutan. Kebakaran di sana meningkat lebih dari 80% tahun ini.

Para pemimpin Amerika Selatan lainnya juga berbicara tentang perlunya melindungi hutan yang secara populer disebut sebagai paru-paru bumi.

“Kami percaya bahwa ini adalah tugas moral, masyarakat kita semakin sadar akan perlunya melindungi rumah kita bersama, dari Bumi Pertiwi kita,” kata Presiden Kolombia Ivan Duque.

Lebih lanjut, Presiden Peru Martin Vizcarra mengatakan bahwa mereka akan kembali bertemu pada konferensi Perubahan Iklim PBB Desember nanti.

READ  Petunjuk untuk Memilih Presiden pada 17 April 2019

“Niat baik saja tidak cukup,” kata Vizcarra.

Pada puncak acara, kelompok itu juga akan mengupayakan penghijauan Amazon, meningkatkan upaya pengawasan aktivitas penggundulan hutan melalui satelit, mengembangkan edukasi serta meningkatkan peran masyarakat adat dalam pembangunan berkelanjutan.

Dan tidak hanya itu saja, mereka juga telah sepakat untuk berbagi informasi perihal aktivitas penambangan ilegal yang merusak konservasi.

0
Avatar
Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *