About Us

Selamat datang di Pandita.ID, situs yang didedikasikan untuk para generasi muda masa kini. Sebuah wadah untuk mencari dan berbagi informasi, edukasi, inspirasi, dan harmoni.

Nama Pandita.id terinspirasi dari salah satu karya Sastrawan besar Indonesia, Pramoedya Ananta Toer, di mana di dalam Rumah Kaca—seria keempat Tetralogi Buru, Minke—tokoh utama yang menjadi perwujudan RM Tirto Adhi Soerjo (TAS), juga disebut atau dianggap sebagai seorang Pandita.

TAS adalah lambang dari sebuah permulaan, yang oleh Pram disebut sebagai “Sang Pemula”. Sedangkan Pandita, adalah perlambang dari segala aspek diri dan tindak tanduknya sebagai seorang pemimpin kaumnya.

Dan harapannya, dengan penggunaan nama tersebut, kami ingin Pandita.id dapat mewarisi dan meneruskan spirit ke-Pandita-an itu. Lalu menyebarkannya sebagai vibes positif kepada generasi-generasi muda di masa sekarang dan mendatang.

Melangkah menuju harmoni, adalah kata-kata yang kami ambil untuk menjadi tagline yang mewakili kami. Ibarat perumpamaan “hidup adalah sebuah perjalanan”, salah satu hal fundamental yang menjadi tujuan perjalanan itu sendiri, bagi kami, adalah menuju harmoni.

Lantas apa itu harmoni? Setiap dari kita memiliki penafsiran tersendiri. Tapi bagi kami, harmoni adalah titik temu yang membuat sebuah keselarasan terjadi.

Dunia yang kita tinggali bisa jadi tengah kacau balau akibat persoalan-persoalan rumit yang tak terkendali. Namun, dalam kekacauan itu, akan selalu ada alasan atau unsur yang membuat kita saling mengerti, berempati, bersimpati, dan bergandengan tangan bersama untuk mencari: Bahwa ada suatu keindahan yang tersembunyi.

Ada harapan yang dalam, ada doa yang tulus, dan ada tujuan yang besar yang mengiringi Pandita.id. Meski pada saat ini langkah kami masih terseok-seok, ke depannya nanti, Pandita.id ingin menjadi tempat di mana kita bisa belajar bersama, berkeluh kesah, dan berbagi kepada sesama tentang kehidupan yang indah ini.

Ingin menemukan keindahan itu?

Mari bertualang bersama kami.