Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Android 10 Resmi Dirilis, Cek Ponselmu Kebagian atau Tidak?

1 min read

Android 10 Hadir di Google Pixel

Pandita.ID – Hai, Millennials, ada kabar baru dari Google nih.

Setelah sebelumnya Google pertama kali meluncurkan versi beta Android 10 pada bulan Maret sebelum memamerkan beberapa fitur sistem operasi pada bulan Mei di konferensi pengembang I / O tahunan Google, kini versi Android baru tersebut telah resmi dirilis.

Pada hari Selasa (3/9) kemarin, Google mengatakan telah membawa versi baru dari sistem operasi (OS) Android-nya, yang disebut dengan Android 10, ke semua smartphone Pixel andalannya (Google Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, Pixel 3a, dan Pixel 3a XL). Sistem operasi baru ini telah dijadwalkan untuk diluncurkan pertama kali di ponsel Google sebelum peluncuran yang lebih luas ke perangkat-perangkat lain pada akhir tahun ini.

Biasanya, Google selalu memberi nama setiap versi baru OS Android-nya dengan nama-nama makanan pencuci mulut dalam urutan abjad, seperti tiga versi terakhir yang dinamai Nougat, Oreo, dan Pie. Namun bulan lalu, Google mengatakan telah melanggar tradisi dengan menamai versi baru dari OS Android-nya—yang awalnya dijuluki dengan Android Q—dengan hanya menyebutnya “Android 10“.

Android adalah sistem operasi seluler paling dominan di dunia, memberi daya hampir sembilan dari setiap 10 smartphone yang didistribusikan secara global. Namun, yang menjadi tantangan terbesar bagi Google untuk versi Android baru ini sebenarnya adalah menyiapkannya di ponsel orang-orang, karena operator nirkabel dan pembuat handset dapat memperlambat prosesnya.

Misalnya saja versi Android sebelumnya yang disebut Pie, hanya diinstal pada 10,4% ponsel Android. Tiga versi yang dirilis sebelum Pie merupakan 64,4 persen dari ponsel Android. Sebaliknya, 88% iPhone Apple dan perangkat lain menggunakan versi terbaru sistem operasinya, iOS 12.

READ  Fitur Terbaru Android 10 dan Cara Menggunakannya

Terdapat beberapa fitur baru yang dimiliki Android 10, termasuk skema warna mode gelap, pengaturan keamanan yang ditingkatkan, dan fitur notifikasi “bubble” di layar beranda untuk panggilan dan pesan. Fitur Live Caption yang membuat transkripsi sambil-tayang untuk audio akan datang di musim gugur (tersedia pertama kali untuk Google Pixel).

Selain itu, yang menjadi salah satu nilai jual utama Google untuk Android 10 adalah pendekatan baru untuk menjaga kerahasiaan informasi pribadi. Fitur privasi baru datang dalam bentuk kontrol lokasi lebih terperinci dan bagian privasi khusus di aplikasi pengaturan.

Selain Google Pixel, perangkat apa saja yang bakal mendapat Android 10?

Mengutip Slashgear, berikut ini daftar lengkap ponsel yang didukung sistem operasi Android 10:

  • ASUS Zenfone 5Z
  • Esensial PH-1
  • Huawei Mate 20 Pro
  • LG G8 ThinQ
  • Nokia 8.1
  • OnePlus 6T
  • Oppo Reno
  • Realme 3 Pro
  • Sony XPERIA XZ3
  • Techno Spark 3 Pro
  • Vivo X27
  • Nex S dan A
  • Xiaomi Mi 9
  • Xiaomi Mi Mix 3 5G
0
Avatar
Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *