Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

7 Aplikasi Edit Foto Terbaik Android & iOS 2020

4 min read

Top 7 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android & iOS 2020

Pandita.ID – Seperti namanya, aplikasi pengeditan foto adalah aplikasi yang dirancang untuk mengedit foto/gambar pada perangkat seluler. Apakah untuk kebutuhan genre fotografi, atau untuk kebutuhan marketing seperti personal branding di media sosial, menonjolkan ciri khas produk untuk katalog, atau hanya sekedar untuk memperindah foto hasil jepretan sendiri.

Aplikasi pengedit foto umumnya menyediakan beragam fitur dasar seperti pemangkasan, mengatur rana, dan menambahkan filter. Beberapa di antaranya juga ada yang dapat digunakan untuk membuat kolase dan bahkan membuat preset (pengaturan otomatis).

Untuk bisnis, ini berarti kamu dapat membuat strategi visual yang hebat, menampilkan produkmu secara profesional hanya dengan menggunakan smartphone yang kamu genggam. Terutama di era media sosial ketika rentang perhatian menyusut menjadi hanya delapan detik. Menggunakan aplikasi editor foto dapat membantumu selangkah lebih dekat menuju kesuksesan dengan menggunakan filter foto dan beberapa sentuhan.

Namun, dengan semakin banyaknya pilihan yang ada di pasaran, acap kali hal tersebut justru membuat pengguna bingung untuk memilih yang mana. Karena itu, di sini telah kami siapkan daftar rekomendasi aplikasi edit foto terbaik untuk Android dan iOS, baik gratis maupun berbayar, sehingga kamu dapat memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

7 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android & iOS (Eidisi 2020)

Ketika kamu ingin meningkatkan sisi visual pada foto/gambar, kamu dapat melakukan banyak hal hanya dengan salah satu aplikasi editor foto yang tercantum di bawah ini:

1. Adobe Photoshop Express

Aplikasi edit foto terbaik untuk pengeditan foto all-around.

Adobe Photoshop Express
Adobe Photoshop Express

 

Adobe Photoshop Express sangat populer di antara aplikasi pengeditan foto teratas karena antarmuka klasik dan alat pengeditan canggih yang dimilikinya. Photoshop Express mengambil banyak alat pengedit foto terbaik Photoshop (desktop) dan mengemasnya ke dalam aplikasi mobile.

Dan meski menyediakan banyak fitur canggih, aplikasi editor foto gratis ini mudah digunakan pada layar sentuh kecil. Cukup unggah/impor foto dari perangkatmu atau ambil yang baru dengan fitur kamera built-in, atau gunakan gambar dari akun Adobe Creative Cloud (jika punya), dan kemudian mulai untuk mengedit fotomu.

Ia memiliki semua alat yang kamu harapkan, mengatur kecerahan, kontras, saturasi, menambahkan filter, batas/bingkai foto, koreksi mata merah, dan masih banyak lagi. Dan bagian terbaik dari aplikasi ini adalah adanya pemilihan smart filter. Dengan fitur ini kamu dapat secara otomatis memperbaiki masalah umum, seperti suhu warna dan masalah pencahayaan.

Tidak itu saja, aplikasi ini bahkan dapat bekerja dengan file RAW—format gambar berkualitas tinggi yang populer di kalangan fotografer.

Namun, sebelum kamu dapat menggunakan Adobe Photoshop Express, kamu harus mendaftar untuk mendapatkan akun ID Adobe gratis. Setelah selesai mengedit foto, kamu dapat menyimpan langsung ke penyimpanan lokal atau share ke media sosial milikmu.

READ:  Olam Berbagi Teknologi dalam Kemitraan Lanskap Bersama Wildlife Conservation Society untuk Menanggulangi Deforestasi

Sayangnya, untuk dapat menikmati fitur premium kamu harus menyisihkan dana yang lumayan disbanding dengan aplikasi lainnya. But over-all, itu sepadan dengan apa yang tidak akan kamu dapatkan dari alat lainnya.

2. Adobe Photoshop Lightroom CC

Aplikasi edit foto terbaik untuk profesional dan mereka yang ingin melakukan penyesuaian pro dengan cepat.

Adobe Lightroom CC
Adobe Lightroom CC

Jika kamu ingin melakukan pengeditan ke tingkat yang lebih jauh, dan menggunakan Photoshop Express terasa berat di smartphone-mu, Adobe Lightroom CC adalah solusinya. Saya termasuk pengguna setia aplikasi ini, BTW. Lebih murah namun memiliki fitur yang 11-12 dengan yang dibawa Photoshop Express, di saat yang sama juga lebih ringan—cocok untuk smartphone saya yang hanya memiliki spek menengah.

Salah satu hal hebat tentang aplikasi pengeditan foto gratis ini adalah tidak mencoba melakukan segalanya untuk semua orang. Lightroom berfokus pada penyediaan seperangkat alat penyesuaian berkualitas tinggi yang disajikan sebagai bilah geser sederhana. Ini memungkinkanmu untuk melakukan penyesuain cahaya, warna, detail, dan lain sebagainya.

Sama seperti saudaranya, aplikasi populer ini menyediakan akses ke alat pengeditan profesional saat bepergian. Plus, Lightroom juga dapat bekerja dengan file RAW.

Jika kamu memutuskan untuk berlangganan Adobe Creative Cloud, kamu akan mendapatkan akses ke fitur tambahan seperti pengeditan selektif dan Adobe Sensei—sistem AI yang memberi tag otomatis pada gambar berdasarkan kontennya, sebuah fitur memungkinkanmu menemukan gambar yang ideal dengan cepat.

3. Snapseed

Aplikasi edit foto terbaik untuk pengeditan foto tingkat lanjut pada perangkat seluler.

Snapseed
Snapseed

Snapseed hadir untuk menyaingi editor foto desktop dengan sejumlah besar fitur dan antarmuka yang intuitif. Aplikasi editor foto gratis ini juga dilengkapi dengan berbagai filter bawaan. Kamu juga dapat mengedit filter ini dan bahkan membuat filter sendiri sesuai keinginan.

Snapseed memiliki masking presisi yang memungkinkanmu untuk mengedit kedalaman bidang—fokus pada obyek utama dan blur pada latar belakang. Snapseed juga memiliki fitur Selective Adjust yang memungkinkanmu memilih area spesifik pada foto untuk melakukan penyesuaian pada titik tersebut.

4. Pixlr

Aplikasi edit foto terbaik yang pas untuk semua pengguna.

Pixlr
Pixlr

Pixlr hadir dengan semua alat yang dibutuhkan pengguna. Aplikasi ini memiliki lebih dari 2 juta kombinasi efek gratis, overlay, dan filter. Kamu dapat membuat kolase foto dengan berbagai tata letak, latar belakang, dan opsi jarak.

Dengan Pixlr kamu dapat menyesuaikan gaya foto dengan coretan, gambar pensil, dan sketsa tinta. Selain itu, aplikasi juga dibekali dengan alat penghapus noda dan penyesuaian kosmetik.

Terdapat pula fitur perbaikan otomatis untuk menyeimbangkan warna secara otomatis dalam suatu gambar, sekali klik and done!

READ:  Apple Umumkan Tanggal Rilis iPhone 11

5. PicsArt

Aplikasi edit foto terbaik untuk remix gambar.

PicsArt
PicsArt

PicsArt adalah salah satu aplikasi editor foto paling favorit dengan lebih dari 100 juta unduhan di luar sana pada tahun 2019. Alasan mengapa PicsArt begitu menonjol adalah karena banyaknya opsi yang diberikan untuk menyesuaikan foto. Selain itu, PicsArt juga memiliki fitur kamera built-in dengan efek langsung dan jejaring sosial sendiri untuk berbagi foto.

PicsArt hadir dengan beberapa fitur khusus, seperti Mode Brush untuk menerapkan efek secara selektif pada bagian tertentu dari sebuah gambar, efek AI-powered yang berkembang pesat, eksposur ganda menggunakan lapisan, dan transparansi yang dapat disesuaikan.

Karena memiliki media sosial sendiri, kamu akan menemukan komunitas tersendiri yang sering digunakan untuk berbagi pengalaman dan ilmu tentang dunia fotografi dan editing foto di PicsArt.

6. VSCO

Aplikasi edit foto terbaik yang memberikan filter berpenampilan klasik dan vintage.

VSCO
VSCO

Seperti PicsArt, VSCO hadir dengan menggabungkan kamera, alat editing, dan komunitas online dalam satu wadah.

Tapi ini semua adalah tentang filter.

Aplikasi yang sedang populer ini menyediakan serangkaian filter menakjubkan yang akan membuat fotomu terlihat seperti hasil foto yang diambil dari kamera film analog. Filter lembut dan halus ini menambahkan sentuhan kelas pada fotomu dibandingkan dengan banyak pengaturan awal Instagram yang banyak difilter. Filter aplikasi tersebut juga dapat disesuaikan melalui slider sederhana.

Jangan khawatir perihal editing foto lanjutan, aplikasi ini juga memiliki semua alat pengeditan standar, seperti penyesuaian, pemangkasan, batas, dan sketsa. Selain itu kamu juga dapat menyesuaikan paparan, kontras, suhu, atau nada kulit.

VSCO adalah pilihan terbaik bagi kamu yang menginginkan hasil editan estetik secara instan.

7. Prisma

Aplikasi edit foto terbaik untuk mengubah foto menjadi gambar atau lukisan yang artistik.

Prisma
Prisma

Ketika sebagian besar filter pengubah gambar atau lukisan terkesan mengerikan, Prisma adalah pengecualian. Kenapa? Karena Prisma bekerja menggunakan jaringan saraf tiruan (atau apalah itu, whatever), yang memungkinkan pengguna membuat foto tampak seperti dilukis oleh Picasso, Munch, atau bahkan Salvador Dali.

Prisma juga memiliki komunitas online sendiri yang mirip dengan PicsArt dan Instagram. Jadi, setelah kamu selesai mengedit, kamu dapat membagikan hasil editanmu ke feed, menyimpannya langsung ke penyimpanan lokal, atau memamerkannya ke media sosial milikmu.

Cobalah, kamu mungkin akan terkejut dan menyukai hasilnya.


Untuk menemukan aplikasi edit foto terbaik, kamu harus terlebih dahulu menentukan apa yang kamu butuhkan dan ingin kamu capai, dan kemudian menjajal beberapa aplikasi editor foto untuk menemukan mana yang tepat untukmu.

But BTW, dari daftar 7 aplikasi edit foto terbaik untuk Android dan iOS di atas, adakah aplikasi hebat lainnya yang terlewatkan? Aplikasi editor foto mana yang kamu gunakan? Beri tahu kami di kolom komentar di bawah.

0
Avatar
Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *