Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

7 Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik (2020)

4 min read

7 Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik

Let’s make a content!


Pandita.IDIngin memulai channel YouTube tutorial kamu sendiri? Atau hanya ingin membuat konten video screencast dari layar perangkat Android milikmu? Selamat datang, kamu datang ke tempat yang tepat.

Ya, video merupakan produk kreasi yang keren karena merangkap unsur visual dan suara. Demikian video screencast, dengan bantuan aplikasi screen recorder yang tepat, kamu dapat merekam kegiatan apa saja dari layar smartphone milikmu untuk membuat konten how-to video (tutorial atau tips), video pendidikan, atau bahkan streaming gameplay dari game mobile populer yang kamu mainkan.

Seiring perkembangan teknologi yang pesat, kini telah banyak tersedia berbagai macam aplikasi yang  memungkinkan untuk merekam layar perangkat Android dengan banyak fitur canggih. Mengambil dari beragam pilihan yang ada di luar sana, di sini saya punya beberapa aplikasi perekam layar terbaik yang dapat kalian gunakan sebagai referensi.

Note: Urutan daftar ini hanya sekedar angka saja dan bukan untuk menunjukkan aplikasi mana yang paling baik. Disarankan untuk memilih salah satu dari daftar aplikasi di bawah ini sesuai dengan fungsi dan kebutuhan yang diinginkan.

7 Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik [Edisi 2020]

1. AZ Screen Recorder

AZ Screen Recorder adalah standar emas untuk aplikasi perekam layar. Selain sangat komprehensif karena kelengkapan fitur yang dibesutnya, disaat yang sama juga ringan dan mudah dikontrol.

AZ dibekali fitur tombol overlay yang tidak mengganggu konten yang direkam. Melalui tombol buble pop-up yang muncul di layar, kamu dapat merekam video, mengambil screenshot, atau bahkan memulai siaran langsung ke jejaring sosial.

Pada menu aplikasi, kamu akan menemukan berbagai fitur menarik yang bisa kamu manfaatkan untuk menyesuaikan rekaman sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Kamu dapat mengatur resolusi, kecepatan frame rate dan bit, atau menambahkan efek timelapse sekalipun.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur video editor dasar built-in. Dengan begitu kamu bisa memangkas setiap bagian video yang tidak dibutuhkan. Kamu juga dapat membubuhkan logo dan teks sebagai watermark, mulai merekam dengan hitungan mundur, audio record, dan banyak lagi.

Pertimbangkan pula untuk beralih ke versi Pro di mana kalian akan mendapatkan akses fitur tambahan yang semakin memudahkan, seperti: Menghapus iklan aplikasi, menyematkan video yang diambil dari kamera depan, tombol tak terlihat untuk memulai dan menghentikan rekaman, serta fitur Pro lainnya.

READ:  7 Aplikasi Edit Foto Terbaik Android & iOS 2020

Dengan segala hal yang dibawanya, tidak mengherankan jika AZ mudah mendapatkan posisi di jajaran teratas.

2. DU Recorder

Sulit untuk memikirkan fitur perekam layar yang DU Recorder luputkan, apalagi mengingat kamu mendapatkan segalanya di dalam aplikasi ini tanpa membayar sepeser pun. Ya, gratis!

Selain fungsi utamanya untuk merekam layar, beragam fitur unggulan lainnya juga disematkan di dalamnya. Kamu dapat memilih beragam format video serta mengatur balance antara kualitas dengan ukuran video, menambahkan video dari kamera depan, menambahkan watermark dan teks, membuat GIF dari klip, atau bahkan melakukan siaran langsung dengan mudah.

Jangan lupakan fitur editor video dasar yang juga ada di sini, di mana kamu dapat mengedit video yang kamu buat di perangkat itu juga–mungkin ini yang membuatnya agak berat. Dan semua fitur itu dibungkus dalam antarmuka yang intuitif dan mudah.

3. Mobizen Screen Recorder

Mobizen termasuk aplikasi perekam layar Android terbaik dan populer saat ini. Mobizen hadir dengan fitur pop-up di layar yang berfungsi untuk memulai maupun menghentikan rekaman. Selain itu, kamu dapat menyembunyikan semua kontrol yang ada di layar dengan fitur perekaman bersih. Fitur video editor pun tidak ketinggalan.

Yang menarik dari Mobizen adalah bagaimana cara aplikasi ini memandu dan mengarahkan penggunanya melalui setiap proses recording—lebih banyak memberikan pilihan ketimbang pengaturan. Jadi kamu tidak perlu ragu dengan langkah apa yang harus kamu lakukan selanjutnya. Sangat memudahkan, bahkan bagi pemula sekalipun.

Tersedia pula versi premium di mana kamu dapat mencobanya terlebih dahulu selama 7 hari secara gratis. Dan yang pasti aplikasi ini patut untuk kamu coba jika kamu menginginkan aplikasi perekam layar Android terkemuka.

4. ADV Screen Recorder

ADV Screen Recorder adalah perekam layar lain yang dapat diandalkan untuk Android yang menyediakan semua fitur penting. Ini menawarkan kepada penggunanya untuk merekam layar dengan dua mesin yang berbeda. Kamu juga dapat mengatur berbagai resolusi, frame rate, bit rate, dan juga menggambar dan menulis di atas klip.

Aplikasi ini akan menambahkan hitungan mundur 3 detik sebelum memulai perekaman layar. Saat merekam, kamu dapat menggunakan kamera depan maupun belakang. Selain itu, aplikasi ini memungkinkanmu untuk menghentikan sementara rekaman jika perlu. Tidak ada watermark dan tidak memerlukan akses root.

Meski berisi ikan, namun sangat ringan, dan gratis tentunya.

5. Screen Recorder

Meski tidak memiliki banyak fitur seperti beberapa saingannya, tetapi Screen Recorder memberikan kualiatas kontras yang baik pada setiap rekaman yang hasilkan. Di sisi lain, minimnya fitur tidak selalu menjadikannya sebuah kekurangan, dan justru hal itu malah membuatnya sederhana dan mudah digunakan.

READ:  7 Software Perekam Layar PC Terbaik (2020)

Jangan kuatir, fitur video editor juga ada pada aplikasi ini. Jadi kamu dapat menyesuaikan resolusi, frame rate, bit rate, kualitas audio, menjeda video saat sedang merekam, serta menambahkan watermark dan teks.

Fitur lain yang tidak boleh dilupakan adalah adanya mode malam yang dirancang untuk mengurangi ketegangan pada mata penggunanya, juga fitur menghentikan rekaman dengan mengguncangkan perangkat.

6. Google Play Game

Jika kamu ingin menghindari mengunduh aplikasi pihak ketiga, dan terutama jika kamu ingin merekam hal-hal yang berkaitan dengan game, maka kamu bisa menggunakan aplikasi Play Game resmi di perangkat Android milikmu.

Cukup buka aplikasi Play Game, buka halaman info game, lalu ketuk ikon “Rekam” di bagian atas layar. Kamu akan mendapatkan opsi untuk merekam dalam 480p dan 720p, jadi tidak ada yang terlalu tinggi, tetapi terintegrasi.

Untuk menggunakan fitur ini untuk merekam hal-hal non-game, ikuti langkah-langkah di atas, lalu keluar dari game saat diluncurkan. Sederhana.

7. YouTube Gaming

Aplikasi ini hadir dengan dilengkapi alat perekam layar khusus yang ditujukan untuk membantu seorang Gamer ataupun YouTuber gaming dalam menangkap momen terbaik dalam sebuah gameplay.

Kamu dapat memilih aplikasi atau game yang ingin kamu mulai dan rekam, dan setelah itu kamu masih dapat masuk ke aplikasi lain (multitasking) sekehendakmu. Hanya saja fitur buble yang menampilkan tangkapan dari kamera depan tidak dapat dimatikan. Selain itu pilihan resolusi juga masih terbatas pada 720p.

Adanya fitur video editor dasar semakin memudahkan mengedit video tanpa perlu beralih ke komputer. Unggah video ke YouTube juga terasa begitu lancar dan mudah. Dan layaknya produk Google sendiri, tentu saja aplikasi ini kompatibel dan berjalan dengan baik pada perangkat Android milikmu.

Benar-benar sebuah aplikasi yang sempurna untuk YouTube dan bermain game.

Bagaimana cara merekam layar di Android tanpa aplikasi?

Sama sekali tidak berarti bahwa perekam layar terbaik untuk Android seharusnya hanya ada di Google Play. Lantas bagaimana jika kamu tidak ingin menginstal aplikasi tambahan di perangkat Androidmu milikmu?

Sebenarnya kamu dapat menemukan aplikasi perekam layar Android bawaan pada banyak ROM khusus, seperti OxygenOS OnePlus, Xiaomi MIUI, dan lainnya.

Alat yang ada pada daftar sebelumnya telahmenawarkan lebih banyak fitur yang kamu bayangkan. Juga, menggunakannya bisa semudah mengetuk satu tombol di menu tindakan cepat. Jadi, perhatikan mereka juga.

Sampai di sini, apakah kamu menemukan manfaat dari daftar aplikasi perekam layar Android terbaik ini? Bagikan pandanganmu dalam komentar dan share artikel ini ke teman-temanmu yang ingin membuat kontennya sendiri.

Salam Harmoni.

0
Avatar
Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *