Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

7 Aplikasi Perekam Layar iPhone & iPad Terbaik (2020)

4 min read

7 Aplikasi Perekam Layar iPhone & iPad Terbaik 2020

Let’s make a content!


Pandita.ID – Hai, konten kreator pengguna iPhone dan iPad di mana pun kalian berada. Apakah kamu seorang gamer pro dan ingin merekam bagian terbaik dari gameplay yang menantang? Atau kamu hanya ingin merekam beberapa kegiatan di layar iPhone atau iPad untuk bahan konten video?

Dengan dirilisnya iOS 11, pengguna menjadi lebih mudah untuk merekam layar di iPhone atau iPad. Kamu mungkin sudah pernah mendengar bahwa iOS 11 (minimal) atau versi yang lebih baru memungkinkan kamu untuk merekam layar dengan fitur Perekaman Layar bawaan. Jika tidak, kamu mungkin perlu untuk update versi iOS ke iOS 11 atau ke yang lebih baru.

Ada satu hal yang perlu dicatat bahwa tidak semua perangkat iPhone atau iPad mendukung iOS 11—karena iOS 11 hanya mendukung perangkat 64-bit. Jadi, jika kamu sekarang menggunakan iPhone 5, iPhone 5c atau iPhone yang lebih tua lainnya, atau 3rd & 4th generasi iPad, maka kamu tidak bisa update ke iOS 11.

Wait! Jangan kecewa atau malah bersedih terlebih dahulu …. Kalaupun versi iOS milikmu lebih lama dari iOS 11 tapi kamu masih ingin merekam layar pada iPhone atau iPad milikmu—seperti melakukan pekerjaan-pekerjaan di atas, maka kamu bisa mengandalkan aplikasi perekaman layar iPhone atau iPad terbaik berikut ini. Let’s make a content!

7 Aplikasi Perekam Layar iOS Terbaik untuk iPhone & iPad [Edisi 2020]

Di sini terdapat beberapa rekomendasi aplikasi perekam layar iOS terbaik yang dapat membantumu untuk merekam layar iPhone atau iPad yang kamu gunakan.

1. AirShou Screen Recorder

Aplikasi perekam layar untuk iPhone dan iPad yang satu ini dihadirkan kepada pengguna secara gratis, tanpa diperlukan akses jailbreak, dan bekerja sempurna di iOS 9 ke atas. AirShou memiliki user interface yang sederhana dan intuitif, sehingga pengguna baru tidak mengalami banyak kesulitan.

Yang terbaik adalah ia menggunakan daya pemrosesan yang sangat sedikit tetapi masih dapat melayani dengan hasil rekaman berkualitas tinggi—mampu menghasilkan screencast berkualitas tinggi hingga 1080p pada 60fps dengan opsi untuk menangkap rekaman dari kamera.

AirShou juga satu-satunya aplikasi yang menyediakan opsi untuk menetapkan nama file bahkan sebelum perekaman layar itu dimulai. Selain itu, kamu akan dapat memilih orientasi yang paling tepat untuk sesi perekaman. Tidak seperti yang lain, AirShou juga memungkinkan untuk merekam audio menggunakan mikrofon internal dengan opsi stereo unik dan berkualitas tinggi.

READ:  Daftar Laptop Terbaik 2020 di Setiap Kategori

Aplikasi ini mampu menangani permainan dan aplikasi yang intensif karena sifatnya yang ringan namun kuat. Aplikasi ini juga dapat mendeteksi game yang diinstal dan kamu hanya perlu memilih game apa yang ingin kamu mainkan kemudian mulai merekam, sangat cocok untuk YouTuber Gaming.

2. DU Recorder

Tak hanya hadir sebagai aplikasi perekam layar Android saja, DU Recorder juga tersedia untuk iOS. Dan yang pasti gratis, andal, dan mudah operasikan. Selain itu, DU Recorder adalah alat perekam layar iOS yang memiliki fitur live streaming.

Apakah kamu hanya merekam layar atau siaran langsung, DU memberi kontrol total pada kualitas yang ingin kamu hasilkan. Ketika kamu membutuhkan perekaman audio bersama dengan video, kamu hanya perlu mengaktifkan opsi dan DU akan menangani sisanya. Selain itu, editor video bawaan disediakan untuk memastikan video akhir sesuai dengan keinginan.

Sayangnya, tidak semua fitur dapat dinikmati secara gratis. Tapi meskipun kamu tidak membeli versi premium, versi gratisnya pun sudah cukup kuat dan lengkap.

3. Vidyo

Menjadi salah satu perekam layar iOS terbaik, Vidyo mampu merekam tidak hanya layar perangkat tetapi juga kamera, baik kamera depan maupun belakang. Untuk mendapatkan hasil terbaik saat melakukan screencasting, kamu dapat menyesuaikan resolusi video hingga 1080p dan frame rate hingga 60fps, dan masih ada begitu banyak fitur lainnya yang menarik untuk hasil perekaman lanjutan.

Fitur praktis lain yang hadir di aplikasi ini adalah kemampuan untuk merekam layar sekaligus
menangkap audio internal dan juga audio dari perangkat penangkapan seperti mikrofon secara bersamaan. Jadi kamu bisa memanfaatkan suara internal dapat dari gameplay (misal) sementara mikrofon dapat digunakan untuk menangkap narasi.

Bagian yang menyedihkan adalah bahwa pengguna tidak dapat mendengar suara dari speaker ketika suara audio sedang direkam—semoga pihak developer cepat memberikan solusi untuk masalah ini.

4. Record It!

Dengan dukungan dari iOS 11, dengan Record It! kamu dapat merekam gameplay, ulasan aplikasi, tutorial, demo, dan konten-konten video lainnya. Saat kamu merekam layar, kamu juga dapat menyertakan video reaksi menggunakan kamera depan. Lebih baik lagi, kamu juga dapat mempersonalisasi reaksi dengan mengatur bentuk, posisi, dan ukurannya.

Aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk merekam audio yang dapat digunakan sebagai komentar untuk video yang direkam sebelumnya. Fitur editor video bawaan yang dilengkapai berbagai alat juga tersedia.

Dengan Record It! Kamu juga dimungkinkan untuk berbagi langsung ke YouTube. Hanya saja, untuk versi gratis, berbagi video dibatasi hingga 3 menit.

5. TechSmith Capture

TechSmith hadir sebagai salah satu alat perekam layar iOS terbaik untuk iPhone atau iPad yang menjalankan setidaknya iOS 11. Hal pertama yang menarik adalah bagaimana cara pengguna pertama kali dipandu tentang cara melakukan proses perekaman layar.

READ:  Fitur Terbaru Android 10 dan Cara Menggunakannya

Melalui perekam layar iOS, kamu dapat dengan mudah merekam panggilan video, presentasi, tutorial dan lain-lain langsung dari layar iPhone atau iPad milikmu. Selain itu, kamu juga dapat merekam satu atau lebih klip video layar penuh dengan bantuan API perekaman global.

Aplikasi ini dapat merekam layar dan juga audio saat dibutuhkan. Audio ditangkap menggunakan mikrofon yang dapat membantu saat kamu perlu untuk menambakan narasi. Terdapat pula fitur hitung mundur untuk mengingatkan penggunanya sebelum memulai perekaman.

Dengan TechSmith, Anda dapat dengan mudah mengimpor video layar yang direkam oleh perekam atau dari aplikasi lain. Mentransfer video dengan cepat ke Camtasia dan Snagit melalui koneksi Wi-Fi untuk memberikan sentuhan halus yang diperlukan. Fitur pemberitahuan yang kaya akan memungkinkan kamu untuk mendapatkan yang terbaik dari aplikasi ini tanpa kesulitan.

6. BB Rec Screen Recorder

Mulai dari debutnya di pasaran, BB Rec mudah mendapatkan tempat teratas di antara para pengguna karena fitur-fitur luar biasa yang dibawanya. Sebagai fungsi inti, aplikasi ini dapat merekam layar dengan kualitas terbaik. Selain itu, kamu juga dapat menangkap rekaman dari kamera depan atau belakang. Dan lebih dari itu, bagian terbaiknya adalah memungkinkan kemudahan untuk live streaming dengan antarmuka pengguna yang sangat mudah.

Kamu juga dimungkinkan mendapat kualitas video terbaik dengan kecepatan frame dan resolusi yang dapat disesuaikan. Lebih baik lagi, lama waktu perekaman tidak dibatasi. Kamu juga dapat mengarahkan orientasi rekaman, entah itu lanskap untuk game mobile ataupun potret untuk ulasan aplikasi.

7. Dr. Phone

Dengan Dr. Phone kamu dapat menikmati mirroring dengan fitur perekaman game sebening kristal untuk iPhone atau iPad. Kamu dapat memanfaatkan alat perangkat lunak ini di iOS serta versi windows dengan fitur terbaik yaitu fungsi one click start.

Kamu juga dapat menikmati pengaturan khusus dengan aplikasi sehingga video yang diinginkan dapat dibuat dengan mudah. Aplikasi ini dapat digunakan untuk presentasi, pendidikan, permainan, bisnis, dan kebutuhan rekaman lainnya.

Dengan Dr. Phone kamu dimungkinkan untuk melakukan perekaman audio dari perangkat atau mikrofon dengan kualitas tinggi bersama dengan perekaman video

….

BTW , dari semua daftar yang ada di atas, kamu pilih yang mana? Atau barangkali kamu sudah menggunakan aplikasi lain? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya. Dan jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian semua.

0
Ahmad Ali Buni
Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *