Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Cara Klaim Token Listrik Gratis & Diskon 50 Persen dari PLN

1 min read

Cara Klaim Token Listrik Gratis & Diskon 50 Persen dari PLN

Pandita.ID – Untuk menanggulangi dampak pandemi virus corona COVID-19, pemerintah telah membuat kebijakan dengan memberikan keringanan tarif listrik kepada 31 juta pelanggan PLN selama tiga bulan ke depan, terhitung mulai April, Mei, dan Juni 2020.

Dengan kebijakan ini, PT PLN (Persero) akan membebaskan pembayaran listrik bagi 24 juta pelanggan dengan daya 450 VA. Tidak hanya itu, serta memberikan diskon sebesar 50 persen bagi 7 juta pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi.

Untuk mendapatkan token listrik gratis dan token diskon 50 persen bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu dengan mengakses situs PLN atau chat WhatsApp (WA) ke 08122-123-123.

Listrik Gratis untuk Pelanggan 450 VA Prabayar & Pascabayar

Kebijakan listrik gratis untuk pelanggan 450 VA ini berlaku baik bagi pelanggan kategori prabayar (berbasis pulsa) mapun pascabayar (reguler), hanya saja mekanismenya yang berbeda.

Untuk pelanggan 450 VA kategori pascabayar atau yang biasa pakai dulu baru bayar tagihannya di akhir bulan, berapa pun penggunaannya akan digratiskan selama 3 bulan. Sedangkan bagi pelanggan 450 VA kategori prabayar atau yang berbasis pulsa, untuk mendapatkan pembebasan tarif listrik harus terlebih dulu mengklaim token/voucher listrik gratis dari PLN. Adapun besaran nominal token gratis yang diperoleh pelanggan ditentukan berdasarkan pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

Diskon 50 Persen untuk Pelanggan 900 VA Bersubsidi

Tidak semua pelanggan 900 VA bisa mendapatkan diskon 50 persen dari PLN. Kebijakan diskon tarif listrik 50 persen ini hanya diberikan kepada pelanggan 900 VA yang bukan golongan Rumah Tangga Mampu (RTM).

READ:  Olam Berbagi Teknologi dalam Kemitraan Lanskap Bersama Wildlife Conservation Society untuk Menanggulangi Deforestasi

Mekanisme pemberian diskon 50 persen bagi pelanggan pengguna daya 900 VA bersubsidi juga berbeda untuk pelanggan kategori pascabayar dan prabayar, namun praktiknya mirip dengan yang diberlakukan untuk pelanggan 450 VA di atas.

Bagi pelanggan pascabayar akan mendapatkan diskon 50 persen dari biaya pemakaian dan biaya beban per bulan. Sedangkan bagi pelanggan kategori prabayar bisa memperoleh diskon dengan mendapatkan token listrik gratis sebesar 50 persen berdasarkan pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

Cara Mendapatkan Listrik Gratis & Diskon 50 Persen dari PLN

Dalam hal ini akan lebih mudah jika Anda merupakan pelanggan kategori pascabayar. Pasalnya para pelanggan 450 VA kategori pascabayar secara otomatis langsung mendapatkan pembebasan tagihan biaya listrik mulai April hingga Juni 2020. Demikian untuk pelanggan 900 VA bersubsidi kategori pascabayar, Anda bisa mendapatkan diskon tarif listrik 50 persen juga secara otomatis mulai bulan April hingga Juni 2020. Jadi, bisa dibilang Anda tidak perlu melakukan langkah apapun.

Nah, sedangkan untuk pelanggan kategori prabayar, baik 450 VA maupun 900 VA, harus terlebih dulu mengklaim token atau voucher listrik gratis atau diskon 50 persen yang bisa didapatkan via situs PLN dan chat WhatsApp. Caranya mudah sekali, Anda bisa mengikuti langkahnya seperti panduan berikut ini:

Cara mendapatan token listrik gratis dan diskon 50 persen via situs PLN

  1. Buka browser Anda untuk mengakses www.pln.co.id
  2. Masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
  3. Masukkan ID pelanggan
  4. Tunggu hingga token gratis muncul di layar
  5. Memasukkan token gratis tersebut ke meteran listrik yang sesuai dengan ID pelanggan yang Anda gunakan untuk klaim

Cara mendapatkan token listrik gratis dan diskon 50 persen via chat WhatsApp (WA)

  1. Buka Aplikasi WhatsApp di smartphone Anda
  2. Chat ke nomor 08122-123-123
  3. Ikuti petunjuk yang ditampilkan, salah salah satunya Anda akan diminta memasukkan ID pelanggan
  4. Token gratis akan muncul di layar
  5. Masukkan token gratis tersebut ke meteran listrik yang sesuai dengan ID pelanggan yang Anda gunakan untuk klaim
0
Ahmad Ali Buni
Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *