Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Cara Menggunakan WhatsApp Web di Desktop dan Tablet

2 min read

Pandita.ID – WhatsApp, alat komunikasi sejuta umat ini memang benar-benar hebat. Dengan WhatsApp kita bisa dengan mudah mengirim pesan dan file secara gratis dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, terkadang bagi sebagian orang ada yang merasa lebih mudah untuk mengetik sebuah pesan melalui sebuah keyboard. Atau bisa dibilang, ada sebagian orang yang menginginkan WhatsApp hadir di desktop.

Terutama bagi kalian yang waktunya sering tersita di depan layar desktop karena dikerjar deadline pekerjaan, bahkan tak jarang pesan WhatsApp yang masuk ke smartphone pun jadi tak tersentuh sama sekali. Padahal, bisa jadi pesan tersebut sama pentingnya.

Dan, di sinilah WhatsApp Web masuk untuk menjawab keinginan sekaligus solusi bagi para penggunanya.

Teruntuk kalian yang masih bingung dengan cara menggunakan aplikasi ini, berikut cara mengatur WhatsApp Web di komputer atau tablet kalian.

Cara Mengatur dan Menggunakan WhatsApp Web di Desktop

Agar dapat mengakses WhatsApp Web, yang kalian butuhkan hanyalah komputer, dan smartphone kalian yang sudah terinstal aplikasi WhatsApp yang sudah dalam keadaan aktif atau log in.

Pertama, pergilah ke halaman web WhatsApp dengan mengetikkan alamat https://web.whatsapp.com di browser kalian. Setelah halaman web tersebut terbuka, kalian akan dihadapkan dengan kode QR besar.

Selanjutnya, buka aplikasi WhatsApp di semartphone kalian, kemudian tekan tombol “menu” yang merupakan tiga titik vertikal yang berada di pojok kiri atas layar kalian, kemudian pilih WhatsApp Web. Setelah itu kalian akan dihadapkan dengan daftar perangkat desktop dan tablet setelah kalian masuk.

READ:  Rebahan, Buka Twitter, Ikutan Give Away iPhone

*Jadi jika komputer kalian sudah ditautkan ke WhatsApp, itu akan ada di daftar ini (meskipun kalian tidak akan melihat kode QR di situs WhatsApp Web).

Untuk masuk ke perangkat baru, tekan tanda + (plus/tambah) berwana putih di kanan atas menu yang secara otomatis akan mengaktifkan kamera smartphone kalian. Kalian mungkin akan dihadapkan dengan opsi memberikan izin akses WhatsApp untuk melakukannya (jika kalian belum melakukannya).

Langkah selanjutnya sekarang adalah scan QR kode. Jika langkah ini berhasil, kamera smartphone kalian akan tertutup dan WhatsApp Web akan terbuka di komputer kalian. Done! Sekarang kalian WhatsApp telah aktif dan siap untuk kalian gunakan.

Note: Jika tidak berhasil, cobalah untuk merefresh halaman komputer kalian dan ulang langkah tadi.

Cara Mengatur dan Menggunakan WhatsApp Web di iPad atau Tablet Android

Untuk dapat menggunakan WhatsApp Web di tablet memang agak rumit, karena pada dasarnya browser tablet tidak memungkinkan penggunanya menggunakan WhatsApp Web. Alih-alih bisa menggunakan WhatsApp Web, mereka justru akan meminta pengguna untuk mengunduh aplikasi.

Dan sayangnya, ketika kalian mencari aplikasi tersebut di PlayStore atau AppStore di tablet kalian, hasilnya malah kalian hanya mendapat pemberitahuan bahwa “aplikasi tidak tersedia”. Yang benar saja ….

Maka dari itu, cara untuk menyiasatinya adalah dengan meminta atau menampilkan situs desktop di tablet kalian. Cara ini akan menunjukkan halaman yang muncul seperti di komputer tadi.

Untuk melakukan langkah ini di Safari pada iPad, tekan dan tahan tombol refresh halaman di sebelah kanan bilah URL di bagian atas. Setelah beberapa saat, sebuah prompt akan muncul untuk meminta situs desktop—tekan ini, dan kalian akan melihat halaman yang sama dengan yang kalian dapatkan di komputer.

READ:  Fitur Terbaru Android 10 dan Cara Menggunakannya

Note: Jika cara ini tidak work, cobalah kembali beberapa kali.

Sedangka pada Chrome di tablet Android kalian, tekan tombol menu pada browser yang berbentuk tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar. Selanjutnya pilih opsi ‘Situs desktop’ dengan mencentang kotak di sebelahnya—pilih opsi ini, dan halaman browser Chrome kalian akan dimuat ulang ke versi desktop.

Sampai di sini, kalian dapat mengikuti instruksi seperti yang ada di atas untuk membuat WhatsApp Web berfungsi di tablet android kalian.

Bagaimana, apakah kalian sudah berhasil melakukannya? Jangan sungkan untuk berkomentar di bawah. Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kalian yang membutuhkan, okay~

Sekian. Salam harmoni dari saya.

0
Ahmad Ali Buni
Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *