Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Drama Korea Terbaik & Terpopuler Sepanjang Masa

12 min read

Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa

Pandita.IDAnyeong …. Kamu sedang mencari rekomendasi drama Korea terbaik untuk dijadikan hiburan di sela-sela waktu santai?

Okay! Sekali lagi, kamu telah datang ke tempat yang tepat. Tapi sebelum kita meloncat ke inti artikel ini, saya ingin mengobrol sedikit dengan kalian semua …. Jadi begini, seringkali teman-teman saya bertanya kepada saya, “kamu suka nonton drakor?! Kok bisa itu lho?”

Kenapa Suka Nonton Drama Korea?

Kalau misal kamu yang ditanyai seperti itu, kamu bakal jawab apa? Kalau saya, jawaban singkat yang paling sering saya utarakan jika ditanya kenapa suka nonton drakor, “ya, dari pada nonton sinetron (Indonesia), mending (saya) nonton drakor.” Ini jawaban yang asal celemong saja lho ya.

Ya, sebenarnya kurang tepat juga kalau membandingkan drama Korea dengan sinetron Indonesia (era sekarang), karena pada dasarnya memang berbeda sekali kalau dilihat dari berbagai aspek yang ada di dalamnya.

Lalu apa yang membuat saya suka nonton drama Korea? Hmm. Alasan pertama dan yang paling utama adalah kualitas—baik dari segi penggarapan, akting para pemainnya, soundtrack, rating, dan tentu saja keseluruhan cerita yang menjadi roh dari drama itu sendiri, dan lain sebagainya.

Nah, begitu pula dengan daftar drama Korea terbaik sepanjang masa yang saya buat di bawah ini, yang mana kesemuanya saya masukkan berdasarkan kriteria-kriteria seperti yang ada di atas. Dan apakah kata ‘sepanjang masa’ itu terlalu berlebihan untuk saya sematkan pada daftar ini? Ya … jika kamu penasaran, langsung saja, berikut ini adalah daftar drama Korea terbaik sepanjang masa versi saya.

10 Drama Korea Terbaik & Terpopuler Sepanjang Masa

Descendants of the Sun

Cinta adalah satu dari sekian hal yang patut untuk diperjuangkan.

Drama Korea Terbaik & Populer Sepanjang Masa
Descendants of the Sun

Perhatian! Big Boss memanggil Tim Alpha! Big Boss memanggil Tim Alpha!” …. “Wolf di sini. Copy.” Hahaha, mungkin itu adalah salah satu dialog yang masih melekat di ingatan saya.

Ya, Descendants of the Sun (DOTS) memang telah menjadi salah satu drama Korea terbaik yang paling populer dan berkesan bagi jutaan penontonnya di berbagai negara, tidak terkecuali saya sendiri.

Banyak alasan yang mendasari kenapa DOTS menjadi salah satu drama terbaik sepanjang masa—khususnya dalam daftar ini. Salah satu alasan yang paling kuat adalah di mana Kim Eun Sook (penulis cerita) membuat DOTS sebuah gebrakan baru yang (setahu saya) belum ada sebelumnya, yaitu yang mana pada umumnya cerita sebuah drama romantis selalu berfokus pada sepasang tokoh utama sebagai poros ceritanya, tetapi di DOTS ini terdapat dua pasang tokoh utama dalam cerita yang sama.

Dan mungkin ini yang menjadi salah satu kejeniusan Kim Eun Sook dalam membuat sebuah cerita. Karena pada jalannya ceritanya dua pasang tokoh utama itu masing-masing memiliki unsur yang sama kuatnya, jadi tidak jomplang.

Poros yang pertama bercerita tentang kisah asmara antara Kapten Yoo Si Jin alias Big Boss, seorang kapten tim pasukan tentara elit yang beranggotakan lima orang yang dikenal sebagai Tim Alpha, dengan dr. Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo), seorang dokter bedah berparas cantik yang ditemuinya di sebuah rumah sakit swasta.

Sedangkan poros yang kedua bercerita tentang kisah asmara antara Sersan Mayor Seo Dae Young (Jin Goo), wakil Kapten Tim Alpha sekaligus bromance-nya Kapten Yoo Si Jin, dengan Letnan Yoon Myeon Ju, seorang dokter tentara yang pernah magang bersama dengan dr. Kang Mo Yeon namun hubungan antara keduanya memburuk karena pernah terlibat cinta segitiga ketika magang.

Selain itu, drama yang satu ini juga memiliki paket lengkap yang dijamin membuat penontonnya tidak akan bosan untuk menikmati setiap episodenya. Karena selain kisah romantisme, di dalamnya juga terdapat aksi laga yang menegangkan, komedi yang out of the box, dan plot twist di sana-sini yang tidak bisa disangka-sangka. Dan tentu saja semua itu bisa terealisasi berkat tangan dingin Lee Eung Bok sebagai sutradara drama ini.

Dan satu lagi, feel ketika menonton DOTS jadi semakin menghayutkan berkat list lagu pengiring yang dibuat khusus untuk drama ini, terutama lagu ‘you are my everything’ yang sempat booming. Bahkan, tidak sedikit penggemar yang mengaku susah move on dari drama yang satu ini. Kamu salah satunya?

Guardian: The Lonely and Great God (Goblin)

Destin: Takdir yang telah ditetapkan oleh Sang Ilahi.

Drama Korea Terbaik & Populer Sepanjang Masa
Goblin

Kembali, sebuah drama epic dengan penulis cerita dan sutradara yang sama dengan DOTS, yang sekilas memiliki ‘struktur tokoh utama dalam cerita’ yang hampir mirip dengan DOTS.

Drama ini bercerita tentang Kim Shin alias Goblin (Gong Yoo), seorang Jendral dari era dinasti Goryeo yang dihukum mati oleh Rajanya (Wang Yeo) sendiri atas dalih pemberontakan, namun oleh Dewa dibangkitkan kembali dan dikutuk menjadi makhluk abadi dengan kekuatan supranatural (Goblin) yang sekaligus menjadi hukumannya karena telah membunuh ratusan jiwa dengan pedangnya.

Karena telah menjadi makhluk abadi, Kim Shin dihukum oleh dewa untuk selalu menyaksikan orang-orang terkasihnya meninggalkannya satu persatu dari dunia. Hanya Si Pengantin Goblin yang dapat mengakhiri keabadian Sang Goblin dengan mencabut pedang kutukan yang menancap di dada Sang Goblin agar Ia dapat kembali menjadi abu. Seumur hidup Kim Shin terus mencari, ternyata Pengantinnya itu adalah Ji Eun Tak (Kim Go Eun), seorang pelajar SMA yang selama hidupnya selalu menderita layaknya Si Upik Abu.

Sedangkan di sisi lain, hadir Si Malakat Pencabut Nyawa (Lee Dong Wook) ke kehidupan Kim Shin sebagai penyewa rumahnya. Si Pencabut Nyawa yang memiliki tanggungan tugas untuk mencari (dan menjemput) Jiwa yang Hilang. Setelah itu muncul berbagai konflik (yang secara cerita menurut saya keren sekali) di antara mereka.

Mungkin untuk sinopsis cukup sampai di situ saja. Yang jelas, drama ini layak sekali jika diberikan predikat sebagai salah satu drama terbaik sepanjang masa. Dari ceritanya saja sudah sangat berkelas, latar dan alur yang dibuat juga beda dari drama-drama yang lain, belum lagi dengan penggarapannya yang digadang-gadang 11-12 dengan film layar lebar Hollywood—terutama saat adegan Kim Shin membelah kapal di tengah samudra, whoah!”

“Apa genre hidupmu hari ini? Drama, romantis, komedi, aksi, atau bahkan horor? …. Dan bagaimana akhir ceritanya nanti? Apakah akan berakhir dengan happy ending? Ataukah berakhir dengan sad ending?” Semua unsur yang ada di dalam dialog tersebut yang menjadi kata kunci dalam drama ini.

Boys Over Flowers

Kebencian sebesar apapun akan luruh karena Cinta.

Drama Korea Terbaik & Populer Sepanjang Masa
Boys Over Flowers

Drama yang rilis pada tahun 2009 ini memang sangat berkesan bagi para penontonnya. Banyak yang salah mengira jika Boys Over Flowers adalah drama yang diadaptasi dari serial drama Meteor Garden, padahal tidak. Justru baik BOF maupun Meteor Garden merupakan drama yang sama-sama diadaptasi dari Manga Jepang yang berjudul Hana Yori Dango. Makanya sekilas terlihat mirip.

Jadi, BOF sendiri bercerita tentang kisah cinta beda kasta antara Geum Jan Di (Koo Hye Sun), seorang gadis yang berasal dari keluarga biasa, dengan Gu Jun Pyo (Lee Min Ho), leader F4 dan pewaris Grup Shinwa yang merupakan perusahaan raksasa paling kuat di Korea Selatan.

Awal cerita dimulai ketika Geum Jan Di mengantarkan laundry milik seorang siswa sekolah Shin Hwa, dan ternyata siswa tersebut didapatnya hendak bunuh diri karena stress atas perlakuan bullying geng F4. Jan Di pun menolong anak itu. Kejadian itu langsung menjadi perhatian dan menyulut kemarahan publik terhadap sekolah Shin Hwa. Untuk menenangkan gejolak publik, sekolah Shin Hwa mengambil tindakan dengan menawari Jan Di beasiswa renang untuk dapat bersekolah di Shin Hwa, awalnya Jan Di menolak namun akhirnya menerimanya setelah dipaksa oleh keluarganya.

READ:  Bagaimana Cara Menemukan Sumber Inspirasi Terbesar (The Muse) dalam Hidup Kita?

F4 sendiri adalah geng anak-anak paling kaya dan paling berkuasa di sekolah Shinhwa dan di Korea Selatan yang terdiri dari Gu Jun Pyo (Lee Min Ho) sebagai pemimpinnya, Yoon Ji Hoo (Kim Hyun Joong), So Yi Jung (Kim Bum), dan Song Woo Bin (Kim Joon). Mereka terkenal sekaligus disegani karena selalu menggunakan kekuasaan untuk meneror siswa lemah atau orang-orang lain yang tidak suka pada mereka.

Karena Jan Di tahu betul apa yang akan terjadi pada siapa yang berani menentang F4, Jan Di selalu mencoba untuk menghindari konfontrasi dengan  F4 dari awal dia sekolah di sana. Akan tetapi, karena sudah begitu muak akan perlakukan F4, terutama saat Jan Di melihat temannya dipaksa untuk menjilat sepatu Jun Pyo karena telah menumpahkan es krim di sepatunya. Jan Di yang sudah berang dengan berani membela dan menggantikan temannya untuk menjilat sepatu Jun Pyo.

Awalnya Jan Di membungkuk dan terlihat hendak menjilati tumpahan es krim di sepatu Jun Pyo, sebelum akhirnya dia balik melemparkan es krim di wajah Jun Pyo. Karena merasa harkat dan martabatnya direndahkan oleh Jan Di, Jun Pyo pun menyatakan perang dengan menyuruh siswa-siswa lain untuk membully Jan Di.

Dan, ya … namanya juga drama romantis, tahu sendiri lah apa yang kira-kira akan terjadi selanjutnya.

Full House

Cinta bisa tumbuh karena telah terbiasa.

Drama Korea Terbaik & Populer Sepanjang Masa
Full House

Nampaknya susah sekali untuk tidak memasukkan Full House ke dalam daftar drama terbaik dan populer sepanjang masa, terutama bagi penonton Indonesia.

Drama yang dibintangi oleh aktor multi-talent Rain dan Song Hye Kyo ini diangkat dari manhwa Full House karya Won Soo Yeon. Drama bergenre komedi romantis ini bercerita tentang pernikahan kontrak antara aktor terkenal dan tampan Lee Young Jae (Rain) dengan Han Ji Eun yang berprofesi sebagai seorang penulis naskah.

Full House sendiri adalah nama rumah yang dibangun oleh mendiang ayah Han Ji Eun, tempat tinggal Ji Eun. Pada suatu ketika, Ji Eun ditipu oleh dua orang teman dekatnya. Ji Eun dibohongi oleh temannya telah memenangi liburan gratis ke Shanghai.

Dalam perjalanan, di pesawat Ji Eun duduk berdampingan dengan Young Jae, keduanya pun jadi saling mengenal setelah insiden Ji Eun yang muntah di kemeja Young Jae. Begitu di Shanghai, Ji Eun kehabisan uang untuk berbagai pengeluaran karena ternyata semuanya tidak gratis seperti apa yang dikatakan temannya. Karena tidak mempunyai kenalan di sana, satu-satunya orang yang bisa ditoleh untuk dimintai bantuan adalah Young Jae.

Sekembalinya di Korea, Ji Eun baru benar-benar sadar kalau dirinya telah ditipu oleh kedua temannya, dan ternyata tipu daya liburan gratis itu adalah cara kedua temannya untuk menyingkirkannya agar dapat menjual Full House. Dan seolah sudah menjadi skenario takdir, orang yang membeli Full House tempat tinggalnya adalah Young Jae.

Ya, konflik antara mereka pun akhirnya terjadi. Ji Eun tentu tidak mau menyerahkan rumahnya karena itu satu-satunya peninggalan ayahnya, begitu pula Young Jae karena telah keluar uang banyak untuk memiliki sertifikat Full House. Untuk menyelesaikan masalah itu, diambillah jalan tengah dengan cara keduanya setuju untuk tinggal satu atap, dengan syarat Ji Eun mau bekerja sebagai asisten rumah tangga di rumah itu. Dari sanalah kisah mereka berdua berawal.

Pokoknya drama yang satu benar-benar sesuai dengan genrenya. Bagaimana Young Jae begitu menikmati ketika mengerjai Ji Eun, tetapi di saat yang sama Ji Eun tidak bisa mengelak atau dia akan diusir dari rumahnya.

My Love from the Star

Cinta dapat merubah segalanya.

Drama Korea Terbaik & Populer Sepanjang Masa
My Love from the Star

Alien jatuh cinta kepada manusia? Ya! Drama yang satu ini bercerita tentang kisah asmara antara manusia luar angkasa dengan manusia Bumi. Yakni Do Min Joon (Kim Soo Hyun), manusia luar angkasa yang telah mendarat di Bumi pada tahun 1600-an di era Dinasti Joseon.

Do Min Joon memiliki perawakan yang nyaris sempurna dan memiliki kemampuan fisik yang sangat luar biasa, baik dari segi kecerdasan, penglihatan, pendengaran, kecepatan, dan bahkan memiliki kemampuan untuk teleportasi, menyembuhkan diri dengan cepat, melihat masa depan, menghentikan waktu sementara, dan tidak menua, like a superhero lah pokoknya. Namun di sisi lain, Min Joon berkepribadian dingin dan sinis, terlebih kepada manusia.

Setelah menyelamatkan seorang gadis di era Josean, Min Joon terus berada di bumi selama 400 tahun sejak kejadian itu. Di masa kini, Min Joon yang berprofesi sebagai profesor mendapati sebuah kesempatan baginya untuk dapat kembali ke tempat asalnya dengan bantuan sebuah komet yang melintasi Bumi dalam waktu 3 bulan ke depan.

Di hari-hari penantiannya inilah Min Joon bertemu (secara kocak) dengan Cheon Song Yi (Gianna Jun), seorang aktris Top Korea yang memiliki penampilan yang mirip dengan gadis yang pernah diselamatkannya di era Joseon. Hmm, untuk kelanjutannya bisa ditonton sendiri, ya.

Secara keseluruhan, drama ini memiliki banyak sekali kelebihan jika di bandingkan dengan kebanyakan drama lainnya, bahkan mendapatkan predikat sebagai drama Korea terbaik tahun 2014. My Love from the Star menawarkan akting berkelas dari masing-masing pemerannya. Chemistry antara kedua tokoh utama juga sangat kuat dan alami, belum lagi dengan berbagai kekocakan yang mereka lakukan di dalamnya … gokil!

Di drama ini kamu akan melihat hal-hal kocak yang menggambarkan bagaimana sisi lain dari kehidupan artis Top Korea yang di kemas tidak seperti pada umumnya, dan Gianna Jun berhasil sekali memerankannya.

Selain itu, mulai dari alur cerita yang berbeda dari kebanyakan drama lainnya, dialog antar tokoh yang mengalir, cinematografi yang berkelas, serta cerita yang tidak membosankan, jadi layak saja jika drama yang satu ini begitu fenomenal pada masanya.

The Heirs

Harta tidak menjamin kebahagiaan.

Drama Korea Terbaik & Populer Sepanjang Masa
The Heirs

Drama yang berkisah tentang kehidupan kalangan elit selalu menarik, setuju? Begitu pula dengan The Heirs. Drama populer yang satu ini mengisahkan tentang persahabatan, persaingan, dan kehidupan cinta para pewaris kaya muda yang berputar di sekitar Kim Tan (Lee Min Ho) dan seorang gadis biasa yang bernama Cha Eun Sang (Park Shin-Hye).

Cerita serial drama ini bermula ketika Cha Eun Sang dan ibunya mendapat kabar kalau sang kakak butuh uang (dalam jumlah yang besar) untuk menikah, padahal keluarga mereka hidup dalam kemiskinan. Karena sudah muak dengan kehidupannya yang serba kekurangan, Eun Sang nekat pergi ke Amerika demi mengantarkan uang tabungan ibunya untuk kakaknya sekaligus dengan harapan dapat memulai hidup baru di sana.

Namun, sesampainya di Amerika, ternyata kehidupan kakaknya bertolak belakang dengan apa yang selama ini dikabarkan. Sang kakak justru hidup sengsara dengan pacar yang kejam pula. Dan hal itu semakin diperparah ketika sang kakak tega mengambil dan membawa kabur uang yang dibawa Eun Sang dan menelantarkan adiknya sendiri di negeri orang.

Dalam penderitaannya itulah Eun Sang tidak sengaja bertemu dengan Kim Tan. Meski di awal Kim Tan merasa direpotkan oleh kehadiran gadis lugu yang bahkan tidak bisa berbahasa Inggris itu, namun pada akhirnya Kim Tan merasa kasihan dan menawarkan diri untuk menampung Eun Sang sampai dia bisa kembali ke Korea. Dari sinilah benih-benih cinta itu mulai tumbuh.

Tetapi harta tidak menjamin kebahagian, begitulah yang dirasakan oleh Kim Tan. Karena meskipun Ia kaya raya dan terbiasa hidup dengan berbagai fasilitas, sampai dikirim mengenyam pendidikan di Amerika juga, tetapi sebenarnya Ia merasa sedih dan kesepian, terlebih ketika Ia ditinggal Eun Sang kembali ke Korea.

READ:  Sebersit Mimpi

Ya, kurang lebih seperti itu cerita awalnya. FYI, The Heirs juga ditulis oleh Kim Eun Sook, penulis naskah Goblin dan DOTS. Jadi kualitas ceritanya bisa dijamin pasti akan beda dari kebanyakan drama-drama lainnya.

My Girlfriend is Gumiho

Cinta itu buta.

Drama Korea Terbaik & Populer Sepanjang Masa
My Girlfriend is Gumiho

Bagaimana jadinya jika kekasihmu adalah siluman? Ya, itulah yang menjadi inti dari cerita drama komedi romantis yang satu ini. My Girlfriend is Gumiho bercerita tentang kisah seorang mahasiswa bernama Cha Dae Woong (Lee Seung Gi) yang bercita-cita menjadi aktor laga dengan siluman rubah berekor sembilan Gumiho (Shi Min Ah) yang memiliki wujud manusia cantik jelita.

Awal cerita bermula ketika Dae Woong kabur dari sekolah asrama pilihan kakeknya hingga tiba di sebuah kuil kuno di dalam hutan. Dae Woong kemudian mencoba menghubungi bibinya—satu-satunya orang yang dimintai tolong dari murka kakeknya yang galak. Lucunya, Dae Wong yang mulai ketakutan di dalam kuil justru diajak berbicara oleh Gumiho. Karena takut, Dae Woong lantas menuruti perintah Gumiho untuk menggambar sembilan ekor di tubuh rubah dalam sebuah lukisan kuno. Dengan cara itu, Gumiho yang sudah terjebak ratusan tahun pun berhasil terbebas dari dalam lukisan yang mengurungnya.

Melihat kemunculan Gumiho dari dalam lukisan, Dae Woong yang pengecut langsung lari tunggang langgang, hingga terjatuh dari tebing dan sekarat karena terluka parah. Gumiho yang ingin membalas budi Dae Wong jadi memberikan salah manik ajaibnya untuk menyelamatkan nyawa Dae Woong. Sejak saat itu, Gumiho yang sejak ratusan tahun ingin menjadi manusia terus mengekori Dae Woong ke mana pun Ia pergi.

Dari segi cerita yang mengangkat kisah cinta beda dunia, drama yang satu ini memang sangat unik. Sinematografi yang ditampilkan juga apik. Alur cerita yang ditampilkan juga tidak membosankan. Belum lagi dengan hal-hal kocak yang tidak biasa yang membuat drama ini sukses mengocok perut.

Secret Garden

Emotional Love.

Drama Korea Terbaik & Populer Sepanjang Masa
Secret Garden

Apa jadinya jika kamu bertukar tubuh dengan lawan jenis? Kok bisa itu lho ….

Drama ini menceritakan kisah Kim Joo Won (Hyun Bin), seorang CEO kaya arogan dan eksentrik yang selalu memuja-muja kesempurnaannya, dengan Gil Ra Im (Ha Ji Won), seorang pemeran pengganti wanita miskin namun rendah hati yang kecantikan dan keelokan tubuhnya dicemburui oleh aktris top.

Pertemuan antara keduanya terjadi karena sebuah kesalahan. Joo Won salah menduga bahwa Ra Im adalah aktris Park Chae Rin. Karena kesalahan Joo Won itu pula, sejak saat itu mereka jadi sering bertengkar. Namun di saat yang sama, Joo Won mulai merasakan ketertarikan terhadap Ra Im. Dan, pada suatu ketika, segala sesuatunya menjadi semakin rumit saat keduanya secara ajaib bertukar tubuh.

Selama mereka berdua bertukar tubuh, banyak sekali hal-hal aneh dan kocak yang terjadi. Saya sendiri masih ingat bagaimana seorang Hyun Bin mencoba Bra. LOL. Namun begitu mereka kembali ke tubuh mereka masing-masing, entah di episode berapa saya lupa, penonton akan dibuat terguncang perasaannya. Ya, karena seperti yang saya tulis di atas, Secret Garden adalah drama dengan kisah cinta yang begitu emosional.

Oh, ya, satu lagi, cerita drama ini juga ditulis oleh penulis naskah kawakan Kim Eun Sook. Tahu sendiri lah ya ….

Legend of the Blue Sea

You will be a Bad Liar when falling in love.

Drama Korea Terbaik & Populer Sepanjang Masa
Legend of the Blue Sea

Terinspirasi dari legenda Joseon klasik tentang seorang nelayan yang menangkap dan melepaskan putri duyung, drama Legend of the Blue Sea menceritakan kisah cinta antara anak seorang keluarga bangsawan Joseon bernama Kim Dam Ryeong (Lee Min Ho) dan putri duyung bernama Se Hwa (Gianna Jun).

Dan di masa kini, mereka berinkarnasi dan bertemu kembali. Dam Ryeong terlahir kembali sebagai Heo Joon Jae, seorang penipu menawan. Ketika Joon Jae sedang berlibur di Spanyol, Ia bertemu dengan putri duyung yang mirip dengan Se Hwa (yang kemudian Ia beri nama Shim Chung) yang sangat lugu.

Jadi, kenapa mereka sampai dipertemukan kembali? Takdir apa yang harus mereka lalui? Itulah kira-kira salah satu kunci cerita dalam drama ini.

Banyak hal-hal keren yang ada dalam drama ini, salah satunya seperti adanya dua latar cerita, dengan yang satu adalah pada masa kerajaan dan yang satunya lagi ada di masa modern—hampir mirip seperti drama Goblin. Alurnya keren, begitu pula konflik yang ditampilkan juga anti mainstream. Kualitas sinematografinya juga tidak diragukan. Dan tentu saja, akting luar biasa dari kedua tokoh utama yang sering membintangi film-film layar lebar.

Mr. Sunshine

The power of love.

Drama Korea Terbaik & Populer Sepanjang Masa
Mr. Sunshine

Lagi, sebuah drama epic yang ceritanya ditulis oleh Kim Eun Sook dan disutradari oleh Lee Eung Bok, yang disebut-sebut sebagai duet maut dalam dunia serial pertelevisian. Dari segi cerita saja sudah tiada duanya, begitu pula dengan penggarapannya yang setara dengan film-film kolosal dari Holywood.

Bertabur bintang? Ya! Dalam drama ini kamu akan menjumpai beberapa pemain yang sebelumnya juga mengisi peran di drama DOTS dan Goblin.

Drama berbalut cerita sejarah era 1900-an ini sendiri bercerita tentang kisah Eugene Choi (Lee Byung Hun), yang merupakan anak budak yang dibunuh oleh majikannya sendiri. Eugene kecil yang selamat dari pembantaian (dengan melarikan diri) terus berlari dari kejaran pemburu budak yang disewa majikannya. Hingga akhirnya, singkat cerita, Eugene kecil melarikan diri ke Amerika dengan bantuan seorang Misionaris.

Eugene Choi, yang sempat merantau ke Amerika Serikat pada tahun 1870-an, akhirnya berkesempatan kembali ke Korea Selatan sebagai kapten tentara Amerika. Di kampung halamannya, Ia telah mengetahui adanya rencana keji tentang penjajahan di negerinya. Perasaan Eugene pun berkecamuk, antara memilih untuk membalaskan dendamnya atau menyelamatkan kampung halamannya.

Eugene semakin dibuat bimbang ketika bertemu dengan Ko Ah Shin, cucu seorang negarawan besar yang sangat dihormati di Joseon, yang juga merupakan seorang sniper di Pasukan Kebenaran, seorang gadis yang berhasil mengambil hatinya. Jadi, kepada siapa Eugene akan berpihak? Kepada Amerika yang membesarkannya, kepada Nurani (kampung halamannya), atau kepada cintanya?

Tidak hanya itu saja, konflik asmara yang ditampilkan juga rumit namun menarik sekali, cinta segilima. Model percintaan dalam drama ini juga old-school sekali, namun tetap kaya akan nilai romantisme. Dan selain nuansa sejarah, nuansa politik dalam drama ini juga begitu kental.

Saya rasa lengkap dan kuat sekali unsur-unsur intrinsik yang ditampilkan dalam drama ini. Saya sendiri paling suka dengan bromance yang dibangun antar tokoh, padahal di satu sisi mereka adalah musuh atau saingan. Hmm.

Drama korea mana yang terbaik?

Jika ditanya drama mana yang terbaik, saya tentu tidak bisa menjawabnya (atau nanti saya bakal dihujat habis-habisan oleh para penggemar drakor di luar sana). Untuk jawaban dari pertanyaan ini, saya serahkan semuanya pada selera masing-masing. Toh, dibuatnya 10 daftar drama korea terbaik sepanjang masa ini juga tidak terlepas dari pengalaman menonton dan selera saya pribadi—dan tentu saja berdasarkan kriteria-kriteria yang saya sebutkan di awal.

Jika pun ada drama lain yang menurut kamu layak masuk dalam daftar ini, tulis saja di kolom komentar beserta alasannya. Jika ternyata drama tersebut memang layak untuk masuk dalam daftar ini, kami akan memperbarui daftar ini nantinya.

Oh, iya. Jika kamu ingin menonton atau mendownload drama Korea di atas atau drama-drama populer lainnya, mungkin kalian bisa melihat rekomendasi daftar situs download film & drama Korea terbaik dari kami.

0
Avatar
Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *