Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Fitur Terbaru Android 10 dan Cara Menggunakannya

3 min read

Cara Menggunakan Fitur Terbaru Andoid 10

Pandita.ID – Android 10 telah diluncurkan di Google Pixel sekarang, dan akan lebih banyak lagi perangkat yang akan mendapatkan versi Android terbaru ini dalam waktu dekat. Google juga telah mengumumkan “Android 10” sebagai nama resmi, menyetujui Android Q dan menyetujui penamaan makanan yang selalu digunakan Google.

Pembaruan pada sistem operasi (OS) Android 10 hadir dengan fitur tambahan dan kemampuan baru, serta dapat menjadi penyegaran jika Anda memenuhi syarat dengan ponselmu.

Mulai dari fitur Dark Mode, pemberitahuan Bubbles baru, navigasi penuh, pengaturan privasi yang lebih baik, dan fitur Live Caption yang apik, dan banyak hal yang menarik lainnya yang dibawa pada Android 10. Mari kita lihat beberapa highlight.

Dark Mode

Mode Gelap Android 10

Android 10 memperkenalkan mode gelap selebar UI yang menambahkan tema gelap ke menu ponsel dan beberapa aplikasi bawaan. Untuk menyalakannya, masuk ke Settings > Display > Dark Theme. Setelah diaktifkan, kamu akan melihat bahwa aplikasi seperti Foto, File, Kontak, dan Jam akan memiliki latar belakang hitam. Itu termasuk untuk Chrome, Gmail, Google Maps, dan aplikasi Google lainnya.

Setelah Mode Gelap diaktifkan, kamu dapat menambahkan ubin pengaturan cepat ke menu pull-down, yang membuatnya mudah untuk mengaktifkan dan menonaktifkan mode gelap. Cukup tarik ke bawah dari atas layar dan ketuk ikon pensil di sudut kiri bawah. Kemudian seret ikon Tema Gelap ke dalam menu.

Menggunakan mode gelap juga dapat menghemat masa pakai baterai ponsel Anda, sehingga sekarang menjadi bagian dari Mode Penghemat Baterai. Hidupkan ini dengan masuk ke Settings > Battery > Battery Saver dan mengetuk tombol Turn on now . Jika tema gelap belum dipilih, maka tema itu akan hidup secara otomatis.

Kontrol Gerakan Baru

Android 10 memperkenalkan kontrol gerakan, yang menghilangkan tiga tombol navigasi sistem tradisional hadir dalam kebanyakan kasus Android dan sangat mirip dengan yang ditemukan pada iPhone X .

Pertama, nyalakan di Settings > System > Gestures > System Navigation > Gestural Navigation. Sementara Google Pixel sudah menggunakan beberapa gerakan untuk memulainya, Android 10 juga memperkenalkan beberapa gerakan baru:

  • Geser ke atas pada bilah navigasi untuk pulang.
  • Geser ke dalam dari kedua sisi layar untuk kembali.
  • Geser ke atas dan berhenti di tengah layar untuk meluncurkan pengalih aplikasi.
  • Geser ke atas dari bawah layar beranda untuk membuka laci aplikasi.
  • Geser ke kiri atau kanan di bagian paling bawah layar untuk beralih di antara aplikasi.
READ  Google Project Zero: 1 Miliar User iPhone Rentan Keamanan Data

Smart Reply

Balas Cerdas

Android 10 memperluas fitur Balas Cerdas Google untuk mencakup aplikasi pengiriman pesan apa saja di ponselmu. Sekarang, beberapa layanan aplikasi seperti Facebook Messenger, Signal, WhatsApp, dan sejumlah layanan lainnya akan dapat menawarkan tanggapan cepat dan memprediksi apa yang ingin kamu katakan selanjutnya. Tindakan yang disarankan, sementara itu, akan menyarankan aplikasi yang relevan untuk digunakan tergantung pada aktivitasmu saat ini. Ini berarti kamu akan menerima konfirmasi untuk membuka Google Maps jika seseorang mengirimimu alamat, atau kontak jika itu merupakan nomor telepon.

Penguat Suara

Penguat Suara

Sound Amplifier, yang sekarang juga tersedia sebagai aplikasi Google yang berdiri sendiri, memungkinkan perangkat Android milikmu menyaring kebisingan latar belakang, meningkatkan suara, dan menyempurnakan audio saat kamu sedang mendengarkan musik atau podcast, menonton video, atau melakukan yang lain aktivitas audio-intensif. Ini adalah peningkatan aksesibilitas yang bagus untuk pengguna yang sulit mendengar, tetapi semua orang dapat mendengarkan hal-hal dengan lebih jelas.

Bubbles

Apakah kamu masih menggunakan fitur Kepala Obrolan Facebook Messenger? Jika ya, maka kamu akan menyukai fitur Bubbles pada Android 10 yang baru. Gelembung berfungsi seperti Kepala Obrolan, dengan notifikasi melingkar melayang di atas apa saja yang ada di layar ponselmu. Google ingin pengembang memperhatikan jenis aplikasi apa yang menggunakan Bubbles hanya karena aliran pemberitahuan muncul di layar kalian, apa saja yang kalian lakukan, akan sangat menyebalkan dengan sangat cepat.

Wi-Fi dan kode QR

Android 10 memiliki fitur baru yang memungkinkan kamu dapat membuat kode QR untuk jaringan Wi-Fi atau memindai kode QR untuk bergabung dengan jaringan Wi-Fi, langsung di pengaturan Wi-Fi perangkat. Untuk menggunakan fitur baru ini, pergi ke pengaturan Wi-Fi dan kemudian pilih jaringan rumah Anda, diikuti oleh tombol Bagikan dengan kode QR kecil tepat di atasnya.

READ  Android 10 Resmi Dirilis, Cek Ponselmu Kebagian atau Tidak?

Batal Hapus Aplikasi

Pernah secara tidak sengaja menghapus aplikasi dari layar beranda?

Dengan Android 10, kamu memiliki beberapa detik setelah aplikasi dihapus untuk membatalkan perubahan. Kamu akan menemukan tombol undo di bagian bawah layar > cukup tekan tombol undo dan aplikasi yang terhapus akan kembali ke tempatnya.

Focus Mode

Mode fokus

Saat diaktifkan, Fucus Mode akan membuat media sosial, game seluler, dan aplikasi lain tidak dapat digunakan sampai kamu mematikannya. Fitur dapat diaktifkan di Pengaturan> Digital Wellbeing, kemudian kamu hanya perlu mencentang aplikasi mana yang ingin kamu hentikan sementara.

Kontrol lokasi

Android akhirnya mendapatkan kontrol lebih rinci tentang bagaimana suatu aplikasi dapat menggunakan informasi lokasi. Saat ini, kamu dapat memberikan akses aplikasi ke lokasimu sepanjang waktu atau tidak semua. Dengan Android 10, kamu akan mendapatkan opsi untuk membiarkan aplikasi mengakses informasi lokasimu hanya saat kamu menggunakan aplikasi secara aktif. Ini tidak hanya masalah privasi, tetapi yang pasti juga membantu untuk menghemat masa pakai baterai.

Pengaturan Privasi

Dengan Android 10, sekarang ada bagian Privasi khusus di aplikasi pengaturan. Membuka itu akan mengungkapkan berbagai izin aplikasi dapat meminta untuk hal-hal seperti kalender, lokasi, kamera, kontak dan mikrofon.

Android tidak memiliki cara yang jelas untuk melihat aplikasi apa yang memiliki akses ke data apa pada perangkatmu. Bagian baru memudahkan untuk menemukan dan mencabut izin untuk aplikasi tertentu. Luangkan beberapa menit untuk mempelajari dengan tepat apa yang dapat dilakukan di halaman pengaturan Privasi Android 10. Percayalah, itu sangat berharga.

Live Caption

Fitur utama lainnya yang masuk ke Android 10 adalah Live Caption, yang merupakan langkah besar untuk aksesibilitas.

Fitur ini akan menambahkan teks ke video, lagu, podcast, dan bahkan panggilan video secara real time, dengan atau tanpa koneksi internet. Pada dasarnya, jika kamu tidak mengaktifkan suaranya tetapi ingin menonton video YouTube, Live Caption akan memungkinkanmu membaca apa yang disetujui. Keterangan Langsung tidak akan tersedia hingga beberapa waktu akhir tahun ini, dan mungkin perlu waktu lebih lama untuk diperlukan di perangkat non-Pixel.

0
Avatar
Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *