Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Kamus Istilah dan Bahasa Slang di Twitter

3 min read

Kamus Istilah dan Bahasa Slang di Twitter

Pandita.ID – Twitter. Salah satu media sosial yang memiliki pengguna aktif terbanyak ini memang (bisa dibilang) berbeda dengan media sosial lainnya seperti facebook dan Instagram, terutama dari segi fitur maupun karakter para penggunanya.

Karena fitur Twitter yang membatasi jumlah maksimal karakter dalam sebuah cuitan, pengguna jadi didorong (secara langsung dan tidak langsung untuk) sebisa mungkin membuat cuitan yang ringkas atau pas—meski sekarang sudah terdapat fitur tambah tweet agar menjadi sebuah utas atau benang atau tweet berantai. Karena hal itu pula, kerap kita temui pula beberapa pengguna yang sering menyingkat beberapa kata atau istilah dalam cuitannya. Ada yang bilang kalau inilah asal mula lahirnya beberapa istilah unik maupun bahasa-bahasa slang yang kini lumrah kita temui di timeline Twitter kita.

Kalau menurut saya pribadi, tentu saja lahirnya berbagai istilah dan bahasa slang tersebut tidak terlepas dari karakter mayoritas pengguna Twitter itu sendiri yang (katanya) orangnya lebih asyik ketimbang orang-orang yang lebih aktif menggunakan media sosial lain.

Dan tanpa berlama-lama saya ngebacot, berikut ini adalah beberapa istilah dan bahasa slang di Twitter yang wajib Twitterian ketahui—terutama bagi kalian yang masih newbie.

Kumpulan Istilah dan Bahasa Gaul di Twitter

1. Ava

Ava merupakan singkatan dari ‘Avatar’, yakni istilah lain untuk menyebut profile picture yang kalian pakai.

2. Header

Header merupakan gambar panjang yang ada di belakang atau di atas avatar kalian. Terkadang ada juga yang menyebutnya dengan Banner.

3. Acc, PA / CA / FA / RP

Acc merupakan singkatan dari ‘Account’ atau akun. Nah, berbicara mengenai akun, di Twitter juga akan kita temui beberapa jenis akun seperti; PA (Personal Account), CA (Cyber Account), FA (Fan Account), dan RP (Role Play Account).

4. RL / Irl

RL adalah singkatan dari ‘Real Life’ yang artinya ‘kehidupan nyata’, atau terkadang ada pula yang menggunakan IRL yang merupakan singkatan dari ‘In Real Life’ atau ‘di kehidupan nyata’. Misalnya: “Teman RL”. Berarti maksudnya adalah “teman di kehidupan nyata”.

5. Rn

RN adalah singkatan dari ‘Right Now’ yang berarti ‘sekarang’ atau ‘sekarang juga’.

6. Flop

Flop di sini memiliki arti ‘tidak sesuai dengan ekspektasi’ atau bisa diartikan juga dengan ‘kegagalan’.

Contoh: Misalnya saja kamu sedang membuat giveaway dan kamu ingin yang mengikuti giveaway itu ada banyak. Tapi ternyata di akhir batas waktu yang kamu tentukan ternyata yang mengikuti giveaway yang kamu buat hanya beberapa saja. Nah, itu bisa dibilang flop.

READ:  Cara Menggunakan WhatsApp Web di Desktop dan Tablet

7. Dn dan uname

Dn adalah singkatan dari ‘Display Name’, sedangkan uname adalah singkatan dari ‘User Name’. Seperti di bawah ini merupakan contoh dari Dn dan uname akun Twitter saya:

Dn : Kangmasmu
Uname : @ahmadalibuni

8. JBJB

Saya dulu termasuk orang yang tidak paham dengan istilah tersebut. LOL. Setelah bertanya kepada teman RL yang juga aktif Twitteran, ternyata JB JB adalah singkatan dari ‘join bareng join bareng’ yang maksudnya itu kalian berinteraksi atau menanggapi cuitannya orang lain.

9. Mutualan / Mutual

Mutualan adalah istilah lain dari ‘saling follow’. Misalnya kalau ada orang yang mengajak “mutualan yuk”, itu artinya orang tersebut mengajak untuk saling mengikuti. Nah, sedangkan Mutual adalah istilah yang digunakan untuk menyebut follower yang berasal dari proses Mutualan tadi. Jadi kalau kalian sudah Mutualan, berarti kamu adalah Mutualnya dia dan dia adalah Mutualmu.

But BTW, ‘dia’ siapa nih? Awokwokwok.

…. Lanjut!

10. Jfb

Jfb Adalah singkatan dari “jangan lupa follow back” atau “janji follow back”. Biasanya digunakan ketika mengajak untuk Mutualan.

11. Opfoll

Adalah singkatan untuk ‘Open Follow Back’, biasanya digunakan oleh akun-akun base atau bahkan selebtwit untuk mengikuti balik follower mereka—terkadang dengan syarat-syarat tertentu.

12. Nder, Ns

Adalah singkatan dari ‘Sender’ yang merupakan sebutan untuk pengirim. Istilah ini umumnya digunakan untuk menyebut pengirim yang mengirimkan menfess secara anonim di sebuah base menfess. Nah, sedangkan Ns atau ‘Non Sender’ merupakan sebutan atau tanda yang digunakan untuk menunjukkan kalau dia atau orang tersebut bukan Sender atau pengirim menfess.

Menfess menfess mulu deh, apaan sih menfess? Hmm.

13. Menfess

Seperti halnya yang telah saya tuliskan di atas, banyak istilah dan bahasa gaul yang biasa digunakan oleh pengguna Twitter berasal dari istilah atau bahasa yang disingkat, tidak terkecuali Menfess. Menfess sendiri merupakan singkatan dari ‘Mention’ (menyebut) dan ‘Confess’ (mengaku).

14. Line atau ‘L’

Yang dimaksud dengan Line (atau yang lebih sering disingkat ‘L’) di sini adalah tahun lahir.
Misalanya saja kalau ada orang yang memberi keterangan ‘01L’, berarti dia kelahiran tahun 2001.

15. Dom

Dom adalah singkatan dari ‘Domisili’. Misal kalau ada yang bilang “aku dom Jogja”, berarti dia berdomisili di Jogja.

16. Thread

Thread merupakan tweet berantai atau tweet bersambung. Umumnya digunakan oleh pengguna untuk membuat tweet (atau bahkan konten) yang panjang, baik itu sebuah cerita, ulasan, tips, dan lain sebagainya yang tidak bisa diringkas dalam satu tweet saja.

READ:  COVID-19: Lockdown VS Pembatasan Sosial Berskala Besar & Darurat Sipil

17. RT, Rep

RT (retweet) dan Rep (reply), yah … kalau ini pasti sudah pada tahu lah, ya.

18. Oot

Oot adalah singkatan dari ‘Out of Topic’. Istilah ini biasanya dipakai jika alur pembicaraan dirasa akan atau sudah keluar dari topik yang dibahas di awal.

19. CMIIW

CMIIW merupakan singkatan dari ‘Correct Me If I’m Wrong’, maksudnya adalah meminta koreksi jika apa yang disampaikannya ada yang salah.

20. Spill The Tea

Spill The Tea atau kalau oleh pengguna Twitter di Indonesia lebih sering diganti dengan ‘Teh Tumpah’ merupakan sebuah istilah kiasan yang maknanya adalah membuka atau membeberkan sebuah informasi yang bersifat rahasia.

21. Convokiller

Convokiller merupakan singkatan dari ‘Conversation’ dan ‘Killer’. Istilah ini biasanya ditujukan untuk seseorang yang membalas sebuah percakapan dengan balasan yang dingin maupun singkat.

Yang sabar, ya.

22. SJW

SJW merupakan singkatan dari ‘Social Justice Warior’, yang kalau diartikan secara bahasa berarti ‘pejuang keadilan sosial’. Istilah ini biasanya digunakan oleh pengguna Twitter ketika hendak atau sedang mencuit atau membahas sesuatu yang dianggapnya tidak adil, baik itu yang dialaminya sendiri maupun orang lain.

23. Scopa tu mana

Kalau menurut saya, istilah ini merupakan istilah yang paling unik, sih. Untuk kalian yang masih belum tahu, Scopa to mana adalah sebuah istilah atau kata yang berasal dari tindakan hiplife di Ghana. Scopa tu mana juga sudah viral di Twitter dan sebagian besar diposting dengan gambar hanya untuk mengekspresikan pendapat atau pengalaman.

24. Boomboclat

Untuk yang satu ini saya sendiri masih agak rancu perihal arti atau maksudnya. Tapi, kalau dari asal-usulnya, boomboclat adalah sebuah kata ungkapan shock, umpatan, atau bahkan sumpah serapah (yang sudah menjadi semacam kata imbuhan) yang berasal dari Jamaica.

Tergantung pada penggunaanya, Boomboclat bisa berarti motherfu*kerson of a b*tchfu*kholly sh*t, dan lain sebagainya.

….

Nah, buat kalian yang tadinya tidak paham dengan istilah atau bahasa slang nan gaul yang ada di atas, sekarang sudah pada tahu, kan? Kalau misal kalian tahu istilah atau bahasa slang lain yang belum ada di atas, tambahkan saja di kolom komentar. Dan kalau kalian merasa artikel ini menarik dan bermanfaat, jangan lupa untuk share link artikel ini di timeline kalian.


Mungkin ini saat yang tepat untuk bilang:
“MUTUALAN SKUY ….”

0
Avatar
Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *