Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Manfaat Memelihara Tanaman di Dalam Ruangan

2 min read

Manfaat Memelihara Tanaman di Dalam Ruangan Rumah dan Kantor

Pandita.ID – Tidak perlu menjadi seorang psikolog lingkungan untuk memahami bahwa tanaman terlihat menarik. Dan sayangnya, banyak orang yang mengira bahwa manfaat memelihara tanaman di dalam ruangan rumah atau kantor hanya sebatas pada estetika saja. Padahal, jika kita mau menggali sedikit lebih dalam di bawah keindahan mereka, maka kita akan menemukan bahwa manfaat memelihara tanaman di dalam ruangan jauh melampaui estetika.

Manfaat Memelihara Tanaman

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, pemandangan interior memainkan peran penting dalam menyediakan lingkungan yang menyenangkan dan tenang untuk bergerak, bekerja, atau bersantai. Penelitian terbaru juga telah memberitahu kita akan sejumlah manfaat yang bisa kita dapat dari memelihara tanaman di dalam ruangan.

Penasaran? Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari memelihara tanaman di dalam ruangan.

Meningkatkan Kualitas Udara

Tingkat polusi di planet bumi terus meningkat dan semakin parah. Jika kamu tinggal di kota yang ramai dan padat, kamu menghadapi polusi setiap hari. Itu dapat menimbulkan kerusakan pada kulit kita, rambut kita dan yang terpenting, udara yang kita hirup. Akan tetapi, nyatanya polusi bukan hanya ada di luar. Itu juga ada di tempat yang kita sebut ‘kantor’ dan bahkan ‘rumah’.

Polusi udara dalam ruangan umumnya merupakan konsekuensi dari emisi toksin dari bahan bangunan sintetis, mikroba di udara, virus, dan polutan, bersama dengan konstruksi yang minim sirkulasi udara. Para kontributor polutan inilah yang melepaskan emisi toksin seperti benzena, formaldehyde, trichlorethylene, xylene dan toluene.

Yang harus kita sadari adalah bahwa ini tidak hanya berlaku pada bangunan komersial besar, melainkan senyawa ini dapat ditemukan di hampir setiap rumah. Sebagian besar cat dinding, karet, vinil, laminasi, komponen komputer dan plastik semuanya rusak seiring waktu dan melepaskan senyawa ke udara yang kita hirup. Jelas ini bukan berita bagus ketika kita menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan.

READ:  Kuliah Tidak Menjamin Masa Depan!

Ada kesepakatan umum di antara para ilmuwan bahwa tanaman dapat meningkatkan kualitas udara lingkungan indoor dan berguna dalam memerangi fenomena modern Sick Building Syndrome (SBS), yaitu istilah yang digunakan untuk menggambarkan gejala yang dialami oleh orang sehat yang bekerja di bangunan komersial besar. Gejala umum SBS antara lain seperti: Alergi mendadak; iritasi mata, hidung, dan tenggorokan; sakit kepala, pusing, dan kelelahan; pernapasan dan sinus tersumbat; dan gangguan sistem saraf. Pada tahun 1989, Dr. Bill Wolverton, seorang ilmuwan terkemuka di Clean Air Study NASA mengungkapkan, “ketika penghuni gedung pergi untuk waktu tertentu, gejalanya biasanya berkurang, hanya akan muncul kembali setelah masuk kembali ke dalam gedung.”

Tidak ada penyebab spesifik SBS yang telah diidentifikasi, tetapi kualitas udara yang buruk, kebisingan latar belakang berlebihan, serta kontrol cahaya dan kelembaban yang tidak memadai, semuanya dianggap sebagai faktor penting.

Dan kembali lagi, berita baiknya adalah, kita dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan dengan tanaman. Tanaman dapat menyerap racun berbahaya, memecahnya menjadi produk sampingan yang lembut, dan menyimpannya di tanah mereka untuk digunakan nanti sebagai makanan.

Mengurangi Kebisingan Latar Belakang

Tanaman telah lama digunakan untuk mengurangi kebisingan dari jalan yang sibuk. Baru-baru ini, penelitian telah menunjukkan manfaat lain bahwa tanaman juga dapat membantu mengurangi tingkat kebisingan latar belakang di dalam bangunan—salah satu faktor penting penyebab SBS.

Hal ini pernah diungkapkan Ambius melalui salah satu studinya, mereka mengungkapkan bahwa tanaman dan daunnya menyerap, mendifraksi atau memantulkan kebisingan latar belakang, sehingga membuat lingkungan lebih nyaman bagi penghuninya.

Mengurangi Stress dan Meningkatkan Mood

Sebagian besar dari kita tahu secara naluriah bahwa berada di dekat tanaman atau pemandangan hijau dapat membuat kita merasa lebih nyaman dengan lingkungan kita. Kita mengalami lebih sedikit stres ketika ada tanaman di sekitar kita.

READ:  Cerita Bagaimana Saya Ingin Menghadirkan Hutan ke Rumah

Bangunan gedung memang terlihat lebih tenang, namun pada saat yang sama, tanaman tetap lebih merangsang dan menarik. Sejumlah besar penelitian akademis bahkan telah menunjukkan secara meyakinkan bahwa pemandangan interior memiliki efek dramatis pada kesejahteraan penghuni bangunan.

Catatan Penulis

Sampai di sini saya semakin yakin dengan pendapat bahwa manfaat memelihara tanaman di rumah (atau kantor) jauh melampaui estetika. Dan seolah seperti mata rantai, hadirnya tanaman di dalam sebuah ruangan ternyata dapat memiliki pengaruh yang saling berkesinambungan.

Dari segi kesehatan jasmani, tanaman dapat berperan sebagai pemurni udara yang menyerap berbagai macam polutan. Dengan begitu, kualitas udara dalam ruangan jadi lebih berkualitas dan sehat untuk kita hirup. Selain itu, tanaman juga dapat mengurangi polusi suara yang berasal dari kebisingan latar belakang. Menjadikan suasana jadi lebih santai dan menenangkan. Kalau sudah begitu, bukan tidak mungkin risiko stress itu semakin berkurang. Belum lagi fakta bahwa tanaman dapat bermanfaat sebagai mood booster yang menjadi faktor penting dalam produktivitas sehari-hari.

Menjalani hari-hari dengan jasmani yang sehat, pikiran yang sehat, dan mental yang sehat pula, bukankah ini yang kita harapkan?

Dan pada akhirnya memang benar ketika kita mengatakan bahwa tanaman dapat membuat orang bahagia.

Untuk informasi lebih lanjut, lihat Clean Air Study dari NASA dan Dr. B.C. “Bill” Wolverton, “How to Grow Fresh Air: 50 Houseplants That Purify Your Home or Office”.

0
Avatar
Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *