Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Pandita, Makna Di Balik Sebuah Nama

1 min read

Lilin

Teruntuk kalian yang telah mengikuti perjalanan kami dari awal pasti tahu kalau kami sempat beberapa kali gonta-ganti nama, hingga pada akhirnya jadilah Pandita.ID ini.

Sebuah Nama Sebuah Cerita

Sebelumnya, apa yang ada di benak kalian mengenai nama ‘Pandita’? Hmm.

Dalam bahasa Sansekerta, Pandita berarti guru (agama). Di Indonesia, umumnya, Pandita merupakan gelar kehormatan yang disematkan pada seorang guru atau pemimpin agama. Kata Pandita juga bisa diartikan sebagai oang yang bijaksana. Dalam pengertian-pengertian ini, Pandita selayaknya menjadi seorang panutan, pembimbing, dan pembina bagi umatnya.

Sekarang, yang mungkin menjadi pertanyaan kalian, apakah saya seorang Pandita?

Dan jawabannya adalah bukan. Saya bukan seorang Pandita. Saya bukan seorang pemimpin agama, bukan seorang bijak, bukan seorang suci, bukan juga seorang alim. Lalu kenapa saya menggunakan nama Pandita sebagai nama blog saya ini?

Selalu ada makna di balik sebuah nama. Selalu ada cerita di balik penamaan itu sendiri.

Begitu pula dengan Pandita sebagai nama blog yang telah saya pilih ini. Bahwa setidaknya saya telah menghabiskan waktu selama hampir 4 bulan ini sebelum mendapatkan nama yang dapat menggambarkan sekaligus menjadi pengharapan blog ini kedepannya.

*Perihal ini, sedikit-banyak telah disampaikan di laman About Us.*

Saya sendiri membangun blog ini dengan latar belakang semua pengalaman; perjalanan dan pembelajaran yang telah saya lalui sebelum dan setelah adanya Pandita—segala hal yang menjadi alasan lahirnya Pandita, pula segala hal yang dibagikan di dalamnya: yang mana ditujukan (khusus) bagi kalian; para Milenial dan generasi muda lainnya.

Harapan Pandita Kedepannya

Dalam hidup, kita semua pasti punya guru dalam artian dan wujud yang sebenarnya. Ia berjalan menghampiri kita supaya lebih dekat, berdiri menyampaikan ilmu dan kebajikan kepada kita, mendidik kita, bahkan mengulurkan tangannya kepada kita …. Betapa mulianya beliau-beliau guru kita. Jadi ingat kalau dulu saya pernah bercita-cita untuk menjadi guru.

READ  Millennial kok Jadi Pekerja Konstruksi [Chapter 3]

Dan Pandita … Pandita juga ingin menjalankan lakon mulia yang sekaligus menjadi pengharapan Pandita kedepannya:

Harapan ke depannya nanti, Pandita bisa menjadi tempat bagi kalian: yang butuh pengertian dalam ketidaktahuan, yang butuh setitik penerang di tengah gulita, yang ingin terus berjalan dalam kebuntuan, yang ingin bangkit dalam keterpurukan, yang ingin menemukan dalam pencarian, dan yang paling utama, Pandita ingin menjadi tempat bagi kalian yang butuh teman dalam kesendirian.

Ingat-ingatlah, Pandita.ID ada untuk kalian.

0
Avatar
Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *