Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Rebahan, Buka Twitter, Ikutan Give Away iPhone

3 min read

Rebahan, Buka Twitter, Ikutan Give Away iPhone

Pandita.ID – Apa yang pertama kali kamu lihat di timeline ketika kamu membuka twitter hari ini? Tweet dari idola, gebetan, atau retweet dari para mutual? Kalau saya, yang pertama kali saya temui ketika membuka twitter hari ini ya berbagai retweet give away iPhone dari para mutual baruku. Apa cuma saya?

Sebenarnya tidak hanya hari ini saja sih, tapi sudah beberapa hari belakangan ini saya sering banget menjumpai tweet-tweet give away semacam itu. Dari mulai yang diadakan oleh artis, public figure, influencer pada umumnya (selebgram, selebtwit, youtuber), akun base atau fanpage k-pop, sampai orang-orang yang tidak termasuk dalam kategori sebelumnya pun sekarang banyak yang bikin give away. Nah, yang terakhir ini nih yang menurut sudut pandang saya cukup menarik perhatian.

Kenapa? Soalnya sekarang banyak di antara mereka yang bikin give away iPhone. Seri iPhone yang dijadikan give away pun terbilang lumayan. Untuk kategori lawas, rata-rata yang dijadikan give away mulai dari seri iPhone 5, 6, 7, dan 8. Bahkan, ada beberapa di antaranya yang bikin give away iPhone X, XR, XS, dan XS Max. Wow.

Awalnya saya kira cuma Mbak Awkarin saja yang bikin give away iPhone seri keluarga X, ternyata ada juga netizen yang bikin give away yang serupa. Ya, meski tidak keempatnya langsung di-give away sekaligus kayak Mbak Awkarin sih. Tapi ya tetap saja, it’s give away, alias mereka mau ngasih secara gratis. Dan lebih dari itu, ini give away iPhone lho, iPhone!

Dan siapa gerangan yang tidak tertarik kalau nemu give away semacam itu? Apalagi kalau syarat untuk berpartisipasi di dalamnya ternyata nggak ribet dan mudah banget malah. Lha gimana nggak mudah coba, rata-rata hanya menginstruksikan peserta untuk follow akun, retweet, kasih like, atau kadang juga plus reply “done” atau “alasan kamu pantas/berhak jadi pemenang” dan lain sebagainya. Enteng kan syaratnya? Wong sambil enak-enak rebahan juga bisa.

READ  Apple Umumkan Tanggal Rilis iPhone 11

Karena syarat yang mudah dan iming-iming iPhone gratis inilah yang sekarang sudah membuat tweet sayembara—selain tweet menfess—ini jadi ramai menghiasai lini masa. Dan karena saking banyaknya mutual baru saya yang meretweet give away semacam ini, saya pun jadi ikut-ikutan bepartisipasi untuk mencoba peruntungan saya. Maklum, dalam sejarah hidup saya, saya belum pernah mujur dalam bidang give away, undian jalan sehat, bahkan arisan saja selalu dapat belakangan. Lotre/togel? Untuk yang satu ini alkhamdulillah, saya belum pernah mencobanya. Hehehe. Jadi, ya, hanya sekedar penasaran saja, “apakah kali ini saya akan ketiban durian runtuh?”

Give away memang tak ubahnya seperti magnet. Mau apapun itu yang hendak dihadiahkan, selagi merupakan sesuatu yang memang dibutuhkan, pasti akan menarik perhatian para warganet. Terlebih khusus give away iPhone yang sedang jadi trend kini, kekuatan daya tariknya telah menciptakan gelombang tersendiri.

Jadi, banyak netizen yang berbondong-bondong ikut berpartisipasi karena memang butuh sekali, ada yang sangat berharap karena belum pernah memiliki, dan tidak sedikit pula di antara mereka yang memiliki keinginan untuk ganti piranti namun belum punya daya untuk membeli, dan lain sebagainya. Terlepas dari itu, sebenarnya tidak masalah sih mau niatnya seperti apa sampai ikut berpartisipasi. Toh, siapa saja berhak mengikuti. Silahkan, siapa tahu rejeki.

Tapi, sekedar saran saja untuk teman-teman semua yang ingin atau sudah mengikuti give away iPhone (atau apapun itu) yang diadakan seseorang/pihak yang tidak kalian ketahui asal-usulnya, atau katakanlah bukan orang terkenal, perlulah juga bagi teman-teman semua untuk menaruh curiga. Singkat kata, pastikan dulu kalau itu bukan tipu-tipu.

Contohnya saja, saat Mbak Awkarin (@awkarin) bikin give away iPhone, akun fake (@awkarrn) yang menyerupai dan mengatasnamakan dirinya Awkarin juga ikut-ikutan bikin give away yang sama. Namanya juga akun fake, tahu sendiri lah ya. Nah, yang jadi masalahnya nih, ternyata tidak sedikit warga twitter yang terkecoh dan mengira kalau itu akunnya Mbak Awkarin yang asli. Ha ha ha. Belum lagi akun-akun fake lainnya, yang mana memang digunakan untuk tipu-tipu.

READ  Bicara Tentang 'Impian', Apa yang Harus Kamu Lakukan Setelah Lulus SMA?

Selain kasus yang tadi, ada juga akun-akun yang memanfaatkan trend give away iPhone hanya untuk meningkatkan jumlah follower. Untuk yang satu ini biasanya menggunakan metode instruksi “harus follow” sebagai syarat untuk mengikuti give away, dan ketika sudah mendekati tanggal pengumuman pemenang, si pemilik/admin akun akan menghapus tweet info give away tersebut. Kemudian mengulanginya kembali untuk meningkatkan angka follower secara drastis. Saya pribadi pernah menemukan akun-akun semacam ini, salah satunya akun dengan username at a be ce de e ef ge apalah itu. Hehe, cari sendiri ya.

Atau kasus lain yang secara kebetulan ditemukan oleh teman saya; di mana ada dua akun berbeda tapi keduanya kebetulan bikin give away, yang anehnya sama-sama memajang foto/gambar iPhone yang sama. Dengan kata lain; akun B bikin give away, tapi foto/gambar hadiahnya me-repost dari akun A. Dan saya yakin sekali, haqqul yakin, kalau sebenarnya ada banyak sekali yang seperti ini.

Nah, sampai di sini kita jadi tahu kalau sekali-kali menaruh curiga itu juga perlu. Bukan begitu?

Memang, dengan adanya give away semacam ini bisa sangat membantu. Terlebih untuk teman-teman yang benar-benar membutuhkan, atau bahkan bagi sobat miss-queen yang hingga saat membaca tulisan ini belum pernah kesampaian untuk dapat memiliki. Saya tidak bermaksud menghina lho ya, wong saya sendiri juga seumur-umur belum pernah kesampaian untuk membeli—golongan ekonomis, tapi ya pingin sih.

Yaaa …. Termasuk halnya rejeki, segalanya sudah diatur oleh Yang Maha Memberi. Sudah ada jatahnya masing-masing. Kalau memang kita layak untuk diberi, bukan tidak mungkin kalau bakal menang give away iPhone hari ini. Tapi juga bukan salah Sang Ilahi, kalau rejeki tak kunjung menghampiri karena hanya rebahan sehari-hari.

Pingin punya iPhone tapi belum mampu beli? Yo kerjo toh Sri ….

0
Avatar
Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *