Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

10 Sikap Hidup Bahagia oleh Mahatma Gandhi

1 min read

10 Sikap Hidup Bahagia Mahatma Gandhi

Pandita.ID – Kebahagian. Siapapun yang hidup di dunia ini pasti mengiinginkan kebahagian. Tidak terkecuali kita, berbagai cara dan upaya pun kita kerahkan agar dapat bertemu dengan kebahagiaan. Meski tak jarang, pada jalannya, banyak di antara kita yang diterpa halang dan rintang.

Mahatma Gandhi (1869 – 1948), salah seorang tokoh besar di dunia yang juga seorang pemimpin spiritual, politisi, pejuang, dan aktivis perdamaian dunia mengungkapkan pemikirannya tentang sikap hidup bahagia dalam 10 poin berikut ini.

Sikap Hidup Bahagia oleh Mahatma Gandhi:

1. Lepaskan rasa khawatir dan takut

Kekhawatiran dan ketakutan. Perasaan-perasaan itu hanyalah imajinasi pikiran kita akan suatu kejadian di masa depan yang belum tentu terjadi. Dan lagi, kebanyakan apa yang kita khawatirkan dan takutkan itu bahkan tidak pernah terjadi.

It’s all only in your mind.

2. Jangan dendam

Dendam dan amarah yang disimpan hanya akan menguras energi serta mendatangkan kelelahan dalam jiwa. Buanglah!

3. Berhenti mengeluh

Mengeluh berarti “tidak menerima apa yang ada saat ini”. Ketika mengeluh, secara tidak sadar kita telah membawa-bawa beban negatif.

4. Bila ada masalah, selesaikan satu persatu

Inilah cara paling efektif untuk menangani banyak persoalan. Hanya inilah cara paling tepat untuk menangani setiap masalah yang ada; satu demi satu.

5. Tidurlah dengan nyenyak

Apapun masalah yang terjadi, tidak perlu dibawa tidur. Kenapa? Karena hal tersebut memiliki dampak yang buruk dan tidak sehat. Biasakanlah tidur dengan nyaman.

6. Jauhi urusan orang lain

Biarkan masalah orang lain menjadi urusan mereka sendiri. Mereka memiliki cara sendiri untuk menyelesaikan masalahnya.

7. Hiduplah saat ini, bukan masa lalu

Nikmati masa lalu sebagai kenangan, dan jangan bergantung padanya. Fokus dan konsentrasilah pada apa yang ada di saat ini, karena apa yang kita miliki adalah saat ini, bukan kemarin, bukan besok!

Be totally present.

8. Jadilah pendengar yang baik

Saat menjadi pendengar, kita bisa belajar sekaligus mendapatkan ide-ide dari pengalaman orang lain.

READ:  Bicara Tentang 'Impian', Apa yang Harus Kamu Lakukan Setelah Lulus SMA?

9. Berpikirlah positif

Rasa frustasi datang dari pikiran negatif. Maka berpikir dan bertemanlah dengan orang-orang yang berpikiran positif, serta terlibatlah dengan kegiatan-kegiatan yang positif.

10. Bersyukur

Sekecil apapun karunia yang kita terima, jika kita bisa mensyukurinya, pasti akan menghasilkan hal-hal besar dan membawa kita kepada kebahagiaan.

Karena yang banyak belum tentu cukup dan yang sedikit belum tentu kurang. Bersyukur adalah kuncinya.

0
Ahmad Ali Buni
Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *