Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

10 Tanaman Hias Indoor Pemurni Udara

6 min read

Tanaman Indoor Pemurni Udara

Pandita.ID – Ada beberapa hal yang dapat membuat rumah terlihat berbeda dibandingkan kebanyakan rumah lainnya, seolah berada di level yang berbeda, dan membuktikan bahwa kita benar-benar dewasa karenanya. Sebut saja dengan adanya rak buku di sela sudut rumah kita, atau ruang kerja, mungkin sebuah mini bar, dan mungkin hal yang paling penting, yakni dengan adanya beberapa tanaman indoor.

Ya, tidak semua dari kita memiliki hal-hal di atas, tentu saja karena berbagai alasan. Salah satunya seperti apa yang menjadi konsentrasi pada tulisan ini, tanaman indoor. Diakui atau tidak, banyak di antara kita bukanlah ahli tanaman yang bahkan tidak tahu harus memulai dari mana, atau karena alasan klasik seperti ruang yang sempit dan lain sebagainya. Apakah kamu termasuk di antaranya? Tenang, itulah sebabnya kami menulisnya di sini.

Memelihara tanaman indoor tidak hanya dapat memperindah atau menambah variasi interior di dalam rumahmu. Banyak penelitian di luar sana yang telah menunjukkan beberapa manfaat memelihara tanaman indoor, seperti dapat mengurangi stress fisiologis dan psikologis. Selain itu, tanaman juga merupakan media alami yang sangat bagus dalam memurnikan udara di rumah dengan menyaring polutan sehari-hari.

Jadi tunggu apa lagi? Tambahkan tanaman indoor ini ke rumahmu, dan kamu akan mulai menuai semua manfaat sehat secepatnya.

10 Tanaman Indoor Terbaik untuk Memurnikan Udara di Rumah

Jangan khawatir perihal perawatan, semua tanaman yang ada di dalam daftar ini sangatlah mudah merawatnya, bahkan untuk seorang pemula sekalipun. Jangan pula khawatir akan minimnya ruang yang kamu miliki, apa yang ada di dalam daftar ini dapat disesuaikan dengan ruang yang minimalis.

Dan berikut adalah beberapa tanaman pemurni udara favorit kami.

Tanaman Ular (Sanseviera)

Tanaman Ular atau Lidah Mertua
Tanaman Ular atau Lidah Mertua

Tanaman Ular atau Snake Plant atau yang oleh masyarakat kita lebih umum dikenal sebagai tanaman Lidah Mertua ini ternyata tidak semenyeramkan seperti namanya. Justru tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang paling digemari saat ini.

Menurut kami si Lidah Mertua ini merupakan tanaman yang memiliki penampakan lumayan keren. Selain itu, ini termasuk tanaman dengan tingkat pemeliharaan yang sangat mudah. Hal ini dikarenakan Tanaman Ular termasuk tanaman yang tahan terhadap kekeringan, jadi sangat sempurna untuk pemula yang tinggal di hampir semua lingkungan atau bagi kalian yang terlalu sibuk untuk menyiram tanaman setiap hari. Selain itu, meskipun pada dasarnya tanaman ini lebih suka dengan cahaya terang, tetapi ia juga bisa bertahan di tingkat cahaya yang lebih rendah.

Dan hal yang paling keren adalah Tanaman Ular juga telah terbukti dapat menyaring polutan dan zat kimia jahat, seperti benzena, formaldehyde (metanal), trichloroethylene, xylene, dan toluene, sehingga kamu dapat bernafas dengan mudah di rumah. Bahkan di malam hari, karena ia adalah tanaman yang melepaskan oksigen di malam hari. Jadi sangat ideal jika kamu letakkan di kamar tidurmu.

Sirih Gading

Sirih Gading
Sirih Gading

Tanaman yang umum dikenal sebagai Sirih Gading ini termasuk salah satu tanaman favorit kami. Ia dapat hidup dengan media tanah, juga dalam air. Mulanya ia berukuran kecil, namun seiring berjalannya waktu, tanaman yang suka merambat ini dapat tumbuh hingga 3 meter, bahkan lebih jika ia di-ground (ditanam langsung di tanah tanpa pot).

Ada beberapa jenis Sirih Gading yang umum dijual di pasaran, dan kesemuanya memiliki karakteristik yang hampir sama. Di alam liar, ia suka merambatkan diri di batang pohon, semak, atau bebatuan. Ia suka berada di tempat yang terpapar sinar matahari langsung namun teduh, tetapi ia juga dapat tumbuh dengan intensitas cahaya yang rendah dan udara kering yang kurang ideal.

Sebagai bonus tambahan, selain sifatnya yang sangat mudah tumbuh, ia juga mudah sekali diperbanyak. Meskipun kamu perlu mempelajari terlebih dulu cara menyebarkan tanaman Sirih Gading, tetapi pada dasarnya kamu bisa mendapatkan tanaman ini sebanyak yang kamu inginkan dari satu pot Sirih Gading yang kamu dapatkan dari toko tanaman. Dan seperti tanaman ular, Sirih Gading dapat menyaring benzena, formaldehyde, xylene, dan toluene.

Tanaman Dolar (Zamioculcas Zamiifolia atau ZZ Plant)

ZZ Plant
ZZ Plant

Jika kamu tinggal di lingkungan dengan pencahayaan rendah, mungkin kamu bisa membeli Tanaman Dolar karena tanaman ini toleran kekeringan dan memiliki tingkat pemeliharaan yang sangat rendah.

READ:  Inilah Klimaks dari Kisahku #4

Kamu mungkin melihat Tanaman Dolar memiliki rimpang atau umbi seperti kentang besar (alias batang horizontal yang terus tumbuh) di bawah permukaan media tanamnya. Rimpang inilah yang berfungsi menyimpan air dan membantu tanaman bertahan dari kekeringan di lingkungan alaminya. Rimpang ini pula yang akan membantunya bertahan dari penyiraman yang jarang.

Dengan begitu, memelihara Tanaman Dolar bisa berarti kamu hanya perlu memikirkan sebulan sekali jika kamu memeliharanya dalam cahaya tidak langsung atau sedang—mirip seperti Sansiviera.

Selain itu, tanaman ini memiliki kualitas pemurni udara yang baik untuk lingkungan dalam ruangan. Sebuah Studi yang dilakukan oleh Departemen Ilmu Tanaman dan Lingkungan Universitas Copenhagen (2014) menunjukkan bahwa tanaman ini mampu menghilangkan benzena, toluene, etilbenzena dan xilene.

Dan tahukah kamu, kalau banyak budaya di luar sana yang percaya bahwa Tanaman Dolar melambangkan ‘kemakmuran dan persahabatan’.

Lidah Buaya (Aloe Vera)

Aloe Vera
Aloe Vera

Kamu bisa meletakkan Lidah Buaya di tempat yang cerah dan atau terkena sinar matahari langsung—misal seperti di ambang jendela kaca. Dan jangan khawatir tentang bagaimana cara mempertahankannya, Lidah Buaya sangat suka mendapatkan tanahnya sangat kering sebelum disiram.

“Tanaman ini tidak hanya mudah dirawat, tetapi juga dikenal sebagai tabib.” [Juliette Vassilkioti]

Kata-kata Juliette Vassilkioti, salah satu pendiri dan presiden My City Plants, di atas tentu bukan hanya sekadar quote semata. Secara klinis, gel lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri. Jadi kamu tidak hanya dapat menggunakan tanaman ini untuk memperindah rumah, tetapi kamu juga dapat memanfaatkan gel dari batangnya untuk menyembuhkan luka dan kondisi kulit yang berbeda. Atau manfaat umum lainnya seperti untuk penyubur rambut, dan sebagainya.

Dan kerennya, selain memiliki khasiat untuk penyembuhan dan masker alami, kamu masih dapat menuai semua manfaat pemurnian udara karena ia dapat menghilangkan formaldehyde. Kamu juga dapat menempatkannya di dalam kamar tanpa was-was karena ia merupakan tanaman yang menghasilkan oksigen di malam hari.

Tanaman Laba-Laba (Spider Plant)

Spider Plant
Spider Plant

Banyak yang berkata memelihara tanaman ini dapat sedikit menghadirkan suasana hutan ke dalam rumah. Terlepas dari setuju atau tidaknya dengan pendapat tersebut, tanaman ini nampaknya sedang hits akhir-akhir ini. Bagaimana tidak, ia sangat mudah dirawat. Spider Plant tumbuh dengan membutuhkan cahaya terang yang tidak langsung (teduh), sehingga mereka cocok untuk ditempatkan di ruangan berjendela—namun jangan letakkan ia terlalu dekat dengan jendela.

Tanaman ini cukup menyenangkan untuk dimiliki, karena seiring berjalannya waktu akan tumbuh bayi Spider Plant yang dapat dengan mudah untuk diperbanyak (propagate). Selain itu, ia juga merupakan tanaman pembersih udara yang kuat, ia dapat menghilangkan formaldehyde dan xylene. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk dapat memboyong tanaman eksotis ini dari toko, alias murah.

Dracaena (Dragon Tree)

Dracaena
Dracaena

Apa nama tanaman di tempatmu? Kalau di tempatku, tanaman ini umum disebut dengan Bambu HokiBambu Rejeki, atau Bambu Keberuntungan. Terlepas dari apapun namanya, yang jelas Dracaena merupakan tanaman cantik yang hebat. Ia dapat dengan mudah beradaptasi di lingkungan dengan cahaya yang berbeda—meski yang terbaik adalah dengan menjauhkannya dari sinar matahari langsung.

Dracaena juga merupakan tanaman yang sangat mudah untuk diperbanyak. Kamu dapat menghasilkan berapapun Dracaena dengan hanya menggunakan metode stek. Ia juga dapat tumbuh dalam media air, namun akan butuh waktu lama baginya untuk tumbuh.

Begitu juga dalam hal memurnikan udara, Dracaena Marginata adalah taruhan terbaik Anda. Ini menghilangkan benzena, formaldehida, trikloretilen, dan xilena.

Philodendron

Philodendron
Philodendron

Meski Philodendron bukan tanaman pemurni udara yang paling hebat, Philodendron tataplah tanaman yang memiliki kemampuan melakukan filter formaldehyde. Di samping itu, Ini juga salah satu tanaman hias yang paling mudah tumbuh. Ia memiliki tingkat perawatan rendah sehingga cocok sekali untuk seorang pemula, juga sangat mudah untuk diperbanyak.

READ:  Manfaat Memelihara Tanaman di Dalam Ruangan

Hampir mirip dengan Sirih Gading, tanaman merambat ini dapat tumbuh hingga lebih dari 3 meter, tergantung di media apa ia tumbuh. Philodendron dapat tumbuh dalam kondisi dalam ruangan, dan benar-benar cocok sekali jika kamu ingin menambah keindahan dalam ruangan karena daunnya yang berbentuk hati sangat elok dipandang. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu pilihan terbaik, terlebih jika kamu memiliki rak tinggi, atau ingin menambahkan pot gantung ke dekorasi rumahmu.

Ketapang Karet (Rubber Tree)

Rubber Tree
Rubber Tree

Termasuk dalam keluarga Ketapang, Ketapang Karet atau juga sering disebut Beringin Karet ini mungkin dapat menjadi pilihan terbaik jika kamu seorang pemula yang baru mengenal tanaman atau bahkan seorang yang sibuk yang sering lalai dengan tanaman di rumah.

Seperti kebanyakan tanaman lain dalam daftar ini, Ketapang Karet toleran terhadap beberapa tingkat kelalaian dan hanya perlu menyiramnya ketika tanahnya sudah benar-benar kering.

Tanaman karet memiliki manfaat tambahan sebagai salah satu pembersih udara alami terbaik di luar sana. Tapi ketahuilah, bahwa Ketapang Karet membutuhkan cahaya yang terang (dapat mengambil sebagian sinar matahari) dan cukup banyak ruang di sekitarnya agar bahagia, tumbuh, dan menghilangkan karbon dioksida di rumahmu.

Jadi tunggu apa lagi? Tempatkan mereka di dekat area tempat duduk favorit Anda untuk menikmati udara segar.

Pakis Sarang Burung (Bird’s Nest Fern)

Pakis Sarang Burung
Pakis Sarang Burung

Pakis Sarang Burung telah terbukti dapat menyaring formaldehyde, xylene, dan toluene, jadi bukan ide yang buruk untuk meletakkannya di ruang keluarga atau bahkan di kamar mandi. Kenapa? Karena umumnya di situlah orang-orang cenderung menggunakan racun rumah tangga, seperti cairan pembersih, hairspray, atau bahkan cat furniture yang sering mengandung bahan kimia tersebut.

Di samping itu, karena pakis sarang burung itu tumbuh subur dalam kondisi teduh dengan lingkungan yang lembab, jadi akan sangat bagus jika ia diletakkan di kamar mandi dengan pancuran, selama ada jendela yang menerima cahaya alami.

Dan pertimbangkan pula dengan penampilannya yang memiliki daun yang hijau cerah dan berombak, cukup eksotis bukan? Kamu akan mendapat nilai lebih dengan tanaman yang terlihat khas pedalaman hutan hujan ini, terutama jika kamu meletakkannya di pot gantung.

Beberapa orang yang expert bahkan sering mengkombinasikannya dengan beberapa jenis Anggrek. Mau mencobanya?

Lili Perdamaian (Peace Lily)

Peace Lily
Peace Lily

Jika kamu akhirnya sudah memiliki pengalaman menjaga beberapa tanaman indoor tetap hidup, maka mungkin sudah waktunya untuk menambahkan bunga Lili Perdamaian ke dalam koleksi tanamanmu. Memang, sejauh pengalaman kami, Lili Perdamaian membutuhkan cukup perhatian lebih dibandingkan dengan tanaman indoor lainnya. Salah satunya seperti menjaganya tetap lembab tanpa air yang berlebihan dan menempatkannya di tempat yang terang tapi teduh, dan lain sebagainya.

Satu hal yang perlu diperhatikan: “Bunga Lili Perdamaian memiliki serbuk sari, jadi tanaman ini mungkin bukan pilihan terbaik bagi orang-orang yang berjuang dengan alergi,” kata Vassilkioti.

Namun, jika ternyata itu bukan masalah yang harus kamu perhatikan, maka kamu merekomendasikan untuk menempatkan bunga cantik (favorit saya ini) di kamar tidurmu, karena ia termasuk tanaman penghasil oksigen di malam hari. Selain itu, sebagai tanaman pemurni udara, ia juga mampu menghilangkan amonia, benzena, formaldehida, dan trikloretilen.

Coba saja dulu!

Dari 10 daftar tanaman indoor pemurni udara di atas, semuanya memiliki level kesulitan perawatan yang rendah. Selain itu, daftar di atas juga dibuat dengan memperhatikan ruangan rumah yang sekarang cenderung banyak yang minimalis.

Jadi, jika kamu memang sudah memiliki niat untuk memelihara tanaman, terlepas dari tujuannya apakan untuk memurnikan udara atau hanya sekadar menghias ruangan, sekarang adalah waktu tepat. Jangan tunggu besok atau lusa, apalagi mencari alasan lain seperti “ah ini, ah itu” yang malah dapat menunda niatmu. Mulai saja dulu!

Bagaimana, apakah kamu sudah memiliki pilihan dari daftar tanaman di atas? Atau mungkin kamu malah punya daftar keren lain atau barangkali ada pengalaman lain seputar tanaman indoor pemurni udara? Bagikan di kolom komentar.

Jangan pula untuk membagikan artikel ini ke siapapun yang ada di lingkaranmu. Ingat, berbagi adalah peduli.

0
Ahmad Ali Buni
Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *