Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Cara Upgrade ke Windows 10 secara Gratis

2 min read

Cara Upgrade ke Windows 10 secara Gratis

Pandita.ID – Dengan Windows 7 yang telah memasuki fase End of Life sejak 14 Januari 2020, kini menjadi begitu penting bagi pengguna Windows 7 untuk segera melakukan upgrade OS. Itulah sebabnya dalam panduan ini kami akan menunjukkan cara untuk upgrade ke Windows 10 secara gratis, meski sebenarnya penawaran tersebut secara resmi telah kadaluwarsa.

Ya, pada dasarnya upgrade gratis ke Windows 10 itu sekarang telah kedaluwarsa. Namun pada kenyataannya, Microsoft ternyata masih membiarkan pintu itu terbuka untuk para pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 yang ingin beralih ke Windows 10.

Banyak orang yang bertanya-tanya, apakah ini merupakan suatu celah di Microsoft?

Hmm, sepertinya sangat tidak mungkin bagi Microsoft untuk tidak tahu tentang celah seperti ini. Dan kami beberapa kalangan di luar sana, seperti halnya kami, memiliki kecurigaan bahwa sebenarnya pihak Microsoft dengan diam-diam membiarkan dan menyetujui hal itu.

Lebih dari itu, sepertinya Microsoft ingin memudahkan para pengguna untuk upgrade ke Windows 10 ketimbang terus bertahan dengan Windows 7 yang rentan dengan berbagai risiko keamanan karena berhentinya dukungan untuk tambalan dan update terbaru.

Ya, meski di satu sisi Microsoft (pasti) akan mendapat pukulan finansial hal ini, rasanya itu lebih baik daripada penggunanya beralih ke OS alternatif gratis seperti Linux.

Proses upgrade ke Windows 10 dari Windows 7 ataupun Windows 8.1 ini sangat sederhana, seperti panduan yang telah kami buat berikut ini.

Cara upgrade ke Windows 10 secara gratis dari Windows 7 dan Windows 8

Langkah-langkah untuk upgrade ke Windows 10 secara gratis dari Windows 7 dan Windows 8.1 pada dasarnya sama seperti ketika Microsoft secara resmi menawarkan update terbaru di perangkat kalian.

READ:  7 Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik (2020)

Memastikan Perangkat Keras Memenuhi Persyaratan

Sebelum kalian melakukan penginstalan, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah memastikan apakah perangkat keras kalian memenuhi persyaratan minimal untuk menjalankan Windows 10. Ya, perangkat keras kalian setidaknya harus memiliki spesifikasi seperti berikut ini:

CPU : 1GHz atau prosesor yang lebih cepat
RAM : 1GB untuk Windows 10 32-bit atau 2GB untuk Windows 10 64-bit
Penyimpanan : 32GB atau lebih
GPU : DirectX 9 kompatibel atau lebih baru dengan WDDM 1.0 driver
Display : resolusi 800×600 atau lebih, dan
Koneksi internet yang kuat dan stabil : Karena beberapa versi Windows 10 memerlukan koneksi internet selama pengaturan berlangsung

Jika perangkat Windows 7 kalian tidak memenuhi spesifikasi di atas, berarti kalian tidak akan dapat menjalankan Windows 10. Dan kalaupun perangkat kalian hanya memenuhi persyaratan minimal di atas, itu tidak akan membuat Windows 10 berjalan dengan baik di perangkat kalian.

Agar Windows 10 dapat berjalan dengan baik, beberapa teman kami yang lebih berpengalaman menyarankan untuk menggunakan setidaknya prosesor dual-core 2GHz, RAM 4GB (lebih disarankan 8GB) dan hard drive minimal 160GB.

Jadi pertimbangkan terlebih dulu spesifikasi perangkat yang kalian miliki. Jika tidak memenuhi syarat minimal di atas, mungkin kalian bisa meng-uprade beberapa komponen yang diperlukan terlebih dahulu. Atau jika mengganti beberapa komponen di perangkat kalian bisa begitu rumit atau bahkan bisa menghabiskan dana lebih, mungkin kalian bisa mempertimbangkan untuk membeli perangkat baru.

Lihat daftar kami tentang laptop terbaik tahun 2020 di setiap kategori.

Download Windows Media Creation Tool

Setelah memastikan perangkat keras kalian kompatibel untuk menjalankan Windows 10, langkah selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah mengunduh dan menginstal Windows Media Creation Tool, kemudian pilih ‘Download tool now’ di bawah bagian berjudul ‘Create Windows 10 installation media’.

READ:  Bersiap untuk Windows 7 End of Life: Apa yang Harus Kamu Lakukan?

Jalankan Windows Media Creation Tool, dan ketika kalian mencapai bagian “Apa yang ingin Anda lakukan?”, Pilih ‘Upgrade this PC now’, setelah itu kalian hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang tersisa dalam proses tersebut.

Pada proses ini kalian juga akan diberi opsi untuk menyimpan file dan aplikasi kalian selama proses instalasi. Dan jangan lupa untuk memasukkan kunci lisensi Windows 7 atau Windows 8 kalian dengan benar, dan PC kalian akan segera berjalan di Windows 10. Secara gratis!


Memang, ada kalanya menjadi begitu sulit memutuskan untuk upgrade ke Windows 10, terlebih bagi para pelaku bisnis ataupun instansi perkantoran yang mayoritas menggunakan 7 sejak lama. Bagi orang-orang yang termasuk dalam kategori tersebut, beralih ke Windows 10 dari Windows 7 berarti harus membuat pelatihan lagi untuk para staff, juga pertimbangan biaya yang tentunya tidak murah.

Dan ya, itu bisa sangat merepotkan. Hal-hal semacam ini sebelumnya telah kami bahas dalam Bersiap untuk Windows 7 End of Life: Apa yang Harus Kamu Lakukan?” Seperti judulnya, di sana kami telah membahas bagaimana cara mempersiapkan segala sesuatunya terkait berakhirnya masa dukungan untuk Windows 7 dari Microsoft, begitu juga dengan alternatif apa saja yang kita punya untuk hal itu.

Ada pengalaman lain? Bagikan di komentar.

0
Ahmad Ali Buni
Ahmad Ali Buni "Meski sedikit, aku ingin dunia ini berubah karena ada aku di dalamnya." Founder of Pandita.ID & Millennial Adventure. JeparaUpdate.co is my second home.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *